Monday, October 8, 2018

Halaqah 07 | Hadits 7 Kitab Syamāil Muhammadiyah

KITĀB SYAMĀIL MUHAMMADIYAH, HADĪTS 07
klik link audio

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْخَلْقَ وَالْأَخْلَاقَ وَالْأَرْزَاقَ وَالْأَفْعَالَ، وَلَهُ الشُّكْرُ عَلَى إِسْبَاغِ نِعَمِهِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ بِالْإِفْضَالِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّهِ وَرَسُولِهِ الْمُخْتَصِّ بِحُسْنِ الشَّمَائِلِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْمَوْصُوفِينَ بِالْفَوَاضِلِ وَالْفَضَائِلِ، وَعَلَى أَتْبَاعِهِ الْعُلَمَاءِ الْعَامِلِينَ بِمَا ثَبَتَ عَنْهُ بِالدَّلَائِلِ. أما بعد

Sahabat Bimbingan Islām yang semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pada pertemuan ketujuh ini, kita akan membaca hadīts ketujuh yang dibawakan oleh Imām At Tirmidzī rahimahullāh dalam kitāb Asy Syamāil Al Muhammadiyyah yang menyebutkan tentang sifat dan ciri-ciri beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam).

Beliau berkata:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ الْبَصْرِيُّ، وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، وَأَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ وَهُوَ ابْنُ أَبِي حَلِيمَةَ، وَالْمَعْنَى وَاحِدٌ، قَالُوا: حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ مَوْلَى غُفْرَةَ قَالَ: حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ مِنْ وَلَدِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ: كَانَ عَلِيٌّ إِذَا وَصَفَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ بِالطَّوِيلِ الْمُمَّغِطِ، وَلَا بِالْقَصِيرِ الْمُتَرَدِّدِ، وَكَانَ رَبْعَةً مِنَ الْقَوْمِ، لَمْ يَكُنْ بِالْجَعْدِ الْقَطَطِ، وَلَا بِالسَّبْطِ، كَانَ جَعْدًا رَجِلًا، وَلَمْ يَكُنْ بِالْمُطَهَّمِ وَلَا بِالْمُكَلْثَمِ، وَكَانَ فِي وَجْهِهِ تَدْوِيرٌ أَبْيَضُ مُشْرَبٌ، أَدْعَجُ الْعَيْنَيْنِ، أَهْدَبُ الْأَشْفَارِ، جَلِيلُ الْمُشَاشِ وَالْكَتَدِ، أَجْرَدُ ذُو مَسْرُبَةٍ، شَثْنُ الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ، إِذَا مَشَى تَقَلَّعَ كَأَنَّمَا يَنْحَطُّ فِي صَبَبٍ، وَإِذَا الْتَفَتَ الْتَفَتَ مَعًا، بَيْنَ كَتِفَيْهِ خَاتَمُ النُّبُوَّةِ، وَهُوَ خَاتَمُ النَّبِيِّينَ، أَجْوَدُ النَّاسِ صَدْرًا، وَأَصْدَقُ النَّاسِ لَهْجَةً، وَأَلْيَنُهُمْ عَرِيكَةً، وَأَكْرَمُهُمْ عِشْرَةً، مَنْ رَآهُ بَدِيهَةً هَابَهُ، وَمَنْ خَالَطَهُ مَعْرِفَةً أَحَبَّهُ، يَقُولُ نَاعِتُهُ: لَمْ أَرَ قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ مِثْلَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "


Kemudian Imām At Tirmidzī membawakan penjelasan Al Ashma’i tentang kata-kata asing yang dipakai dalam hadīts ini, akan tetapi kita tidak akan membacakannya dan kami cukupkan dengan terjemahan bahasa Indonesia yang akan kita bawakan karena telah mengandung tafsiran-tafsiran tersebut.

Dalam hadīts ketujuh ini, Imām At Tirmidzī membawakan hadīts yang cukup panjang dengan sanad periwayatannya hingga Āli bin Abī Thālib radhiyallāhu ta'āla 'anhu.

Ketika mensifati Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam, Āli radhiyallāhu ta'āla 'anhu berkata:

"Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) bukanlah seorang yang sangat tinggi, bukan pula seorang yang sangat pendek. Beliau adalah sosok yang memiliki tinggi ideal.

Rambut Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) tidak keriting tidak pula lurus, tapi tengah tengah di antara keduanya, dengan kata lain rambut beliau sedikit bergelombang.

Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) tidak gemuk, wajah Beliau yang mulia tidak bundar secara total namun juga tidak lancip, tengah-tengah di antara keduanya.

Walaupun begitu wajah Beliau lebih dekat dengan bundar, dengan warna putih kemerahan.

Bola mata Beliau hitam pekat, dengan bulu mata yang cukup panjang.

Persendian Beliau besar, dada bidang, badan Beliau tidak ada bulunya kecuali yang ada di antara dada dan pusar

Kulit telapak tangan dan telapak kaki Beliau tebal, jika berjalan, seakan akan sedang berjalan menurun.

Jika menoleh kebelakang, seluruh badan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) akan ikut berputar.

Ada tanda atau cap kenabian di punggung Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) dan tidak ada nabi setelahnya.

Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam adalah seorang yang paling bagus dadanya, paling jujur ucapannya, lembut kepribadiannya, Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) adalah seorang shahābat yang sangat baik.

Seorang yang baru melihatnya akan menaruh rasa hormat kepadanya dikarenakan kewibawaan yang Beliau miliki, dan seorang yang telah bergaul lama dengan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) pasti akan akan mencintainya.

Jika ada orang yang mensifati Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) pasti ia akan berkata: "Aku belum pernah melihat seorang seperti Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) sebelum dan sesudahnya"."

Hadīts ini diperbincangkan oleh para ulamā dan Syaikh Abdurrazāq Al Badr mengatakan hadīts ini dhaif (lemah).

Bahkan Imām At Tirmidzī sendiri ketika meriwayatkan hadīts ini dalam kitāb Sunan beliau, beliau mengatakan: "Dan hadīts ini jalan periwayatannya terputus tidak bersambung." (Lihat Sunnan At Tirmidzī nomor 3638).

Namun sifat-sifat yang ada dalam hadīts ini didukung oleh hadīts-hadīts lain, sehingga tidak boleh bagi kita mengingkari sifat-sifat yang ada dalam hadīts ini, jika sifat-sifat tersebut telah didukung oleh hadīts-hadīts lain yang hasan atau shahīh .

Adapun pelajaran yang bisa kita ambil dari hadīts ini adalah :

⑴ Tentang tinggi Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) yang ideal, sebagaimana telah berlalu penyebutannya dalam hadīts-hadīts yang lain.

⑵ Tentang rambut Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam), rambut Beliau tidak keriting dan juga tidak lurus 100%, namun rambut Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) sedikit bergelombang.

⑶ Tentang badan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) yang tidak gemuk.

⑷ Tentang wajah Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) yang tidak bundar namun juga tidak lancip, mungkin dalam bahasa kita disebut lonjong, Wallāhu A'lam.

⑸ Tentang warna wajah Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam), yang mana warnanya adalah putih kemerahan.

⑹ Tentang mata Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) bahwa bola mata Beliau berwarna hitam pekat, dengan bulu mata yang cukup panjang.

⑺ Badan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) kekar dan kuat, karena persendian Beliau besar, dada bidang, kulit telapak tangan dan telapak kaki tebal.

⑻ Badan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) tidak berambut / berbulu, kecuali yang berada di antara dada dan pusar dan beberapa tempat lainya.

⑼ Tentang cara berjalan Beliau, Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) jika berjalan akan berjalan dengan cepat, tidak malas-malasan, seakan-akan Beliau sedang berjalan menurun.

⑽ Tentang kewibawaan Beliau, dan hal itu ditunjukan saat Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) menoleh kebelakang, ketika menoleh kebelakang Beliau tidak hanya menolehkan wajahnya saja, akan tetapi seluruh badan Beliau ikut berputar.

⑾ Tentang tanda kenabian, tanda kenabian Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) adalah daging yang tumbuh dipunggung. (Dan itulah tanda kenabian yang dulu pernah dicari oleh Salman Al Farisi radhiyallāhu ta'āla 'anhu saat hendak masuk Islām).

⑿ Tentang dada Beliau, dada Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) sebagaimana kata Āli bin Abī Thālib sangat bagus (dada Beliau bidang).

⒀ Tentang ucapan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam), Beliau adalah seorang yang jujur ucapannya, bahkan Beliau orang yang paling jujur.

Sebelum diangkat menjadi seorang nabi dan rasūl, Beliau mendapatkan gelar Al Amin dan
Ibnu Mas'ūd radhiyallāhu ta'āla 'anhu dalam sebuah hadīts mensifati Beliau dengan Ash Shadiq Al Masduq (yang benar lagi dibenarkan).

⒁ Jika ada orang yang baru pertama kali melihat Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) pasti ia akan segan kepadanya, karena sikap dan penampilan Beliau yang berwibawa, dan jika ada orang telah bersahabat lama dan sangat mengenal Beliau, pasti ia akan mencintainya, dan itu semua karena sikap dan akhlaq Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam).

⒂ Jika ada seorang yang mensifati Beliau, pasti ia akan mengatakan, "Aku belum pernah melihat seorang seperti beliau sebelum dan sesudahnya."

Semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) keluarga dan para shahābatnya. 

Semoga bermanfaat.


🖋 Al Faqīr Ilallāh, Ratno
Di kantor Bimbingan Islam Yogyakarta

_________

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 28 Muharram 1440 H / 08 Oktober 2018 M
👤 Ustadz Ratno, Lc
📗 Kitab Syamāil Muhammadiyah
🔊 Halaqah 07 | Hadits 7
⬇ Download audio: bit.ly/SyamailMuhammadiyah-07
〰〰〰〰〰〰〰

No comments:

Post a Comment