Monday, November 26, 2018

Safari Dakwah | Semangat Berdakwah

SEMANGAT BERDAKWAH
klik link audio

بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد

Para sahabat sekalian.

Kita semua adalah kaum muslimun yang mengaku mencintai Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam. Dan setiap orang yang mencintai Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam pasti dia harus mengikuti Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam.

Allāh Subhānahu wa Ta'āla  berfirman:

قُلْ هَـٰذِهِۦ سَبِيلِىٓ أَدْعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا۠ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِى ۖ وَسُبْحَـٰنَ ٱللَّهِ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ

Katakanlah (wahai Muhammad), "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allāh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allāh dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik."

(QS Yūsuf: 108)

Apa jalannya Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam?

 أَدْعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ

Berdakwah kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla (menyeru kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla).

Jadi, jika kita mengikuti Nabi kita shallallāhu 'alayhi wa sallam maka kita harus mengikuti Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam.

Dan di antara tanda mengikuti Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam adalah dengan mengikuti jalan Beliau yaitu berdakwah (menyeru kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla).

Sahabat sekalian.

Ini adalah wadīfah, contoh, jalannya para anbiyyā', para rasūl, yaitu mereka berdakwah kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Ini adalah jalan yang mulia, jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang mulia, yaitu jalan yang ditempuh untuk menuju surga. Dan di sana ada pahala yang luar biasa.

Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

لأَنْ يَهْدِيَ اللَّهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ

"Jikalau Allāh memberi hidayah kepada satu orang dengan sebab dirimu, hal itu benar-benar lebih baik bagimu daripada unta-unta merah."

(Hadīts shahīh riwayat Bukhāri nomor 4210)

Unta pada saat itu adalah harta yang paling mahal dan Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mengatakan:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya."

(Hadīts riwayat Muslim nomor 1925)

Subhānallāh.

Luar biasa, pahala dakwah itu, karena merupakan pahala yang tidak terputus. Pahala yang terus akan mengalir. Maka orang yang terbaik adalah orang yang mengikuti jalannya para anbiyyā' yaitu berdakwah kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Sahabat sekalian.

Kita lihat bagaimana Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersemangat untuk memberikan hidayah kepada orang-orang dan ini harus menjadi sifat kita.

Kata Allāh Subhānahu wa Ta'āla:

لَقَدْ جَآءَكُمْ رَسُولٌۭ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌۭ رَّحِيمٌۭ

"Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasūl dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin."

(QS At Taubah: 128)

Salah satu sifat Rasūlullāh adalah memiliki semangat untuk memberikan hidayah kepada orang-orang (manusia) dan kita bisa lihat dalam sirah Beliau. Luar biasa sekali semangat Beliau untuk berdakwah.

Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim yang mencintai Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam, yang mengaku bahwasanya kita adalah umat Nabi Muhammad shallallāhu 'alayhi wa sallam, kita harus bersemangat di dalam berdakwah kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla. Kita sebarkan risalah ilāhiyah kepada seluruh manusia.

Ini adalah sifat seorang da'i sebagaimana sifat yang dimiliki oleh Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam, bersemangat memberikan hidayah kepada manusia dan memiliki rasa belas kasih kepada mereka.

Semoga kita semua menjadi da'i-da'i ilāllāh yang mengikuti jalan para anbiyyā', jalan para rasūl.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
واخردعوانا أن الحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

_________

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 18 Rabi’ul Awwal 1440 H / 26 Novembet 2018 M
👤 Ustadz Fauzan Abdullāh, Lc M.A.
📗 Safari Dakwah | Semangat Berdakwah
⬇ Download audio: bit.ly/BiAS-FZ-SemangatBerdakwah
~~~~

No comments:

Post a Comment