Tuesday, October 9, 2018

Halaqah 08 | Hadits 8 Kitab Syamāil Muhammadiyah

KITĀB SYAMĀIL MUHAMMADIYAH, HADĪTS 08
klik link audio

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْخَلْقَ وَالْأَخْلَاقَ وَالْأَرْزَاقَ وَالْأَفْعَالَ، وَلَهُ الشُّكْرُ عَلَى إِسْبَاغِ نِعَمِهِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ بِالْإِفْضَالِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّهِ وَرَسُولِهِ الْمُخْتَصِّ بِحُسْنِ الشَّمَائِلِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْمَوْصُوفِينَ بِالْفَوَاضِلِ وَالْفَضَائِلِ، وَعَلَى أَتْبَاعِهِ الْعُلَمَاءِ الْعَامِلِينَ بِمَا ثَبَتَ عَنْهُ بِالدَّلَائِلِ. أما بعد


Sahabat Bimbingan Islām yang semoga selalu dalam bimbingan Allāh Subhānahu wa Ta'āla, pada pertemuan kedelapan ini, kita akan membaca hadīts kedelapan yang dibawakan oleh Imām At Tirmidzī dalam kitāb Asy Syamāil Al Muhammadiyyah.

Beliau berkata :

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا جُمَيْعُ بْنُ عُمَرَ  بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْعِجْلِيُّ إِمْلَاءً عَلَيْنَا مِنْ كِتَابِهِ قَالَ : أَخْبَرَنِي رَجُلٌ مِنْ بَنِي تَمِيمٍ مِنْ وَلَدِ أَبِي هَالَةَ زَوْجِ خَدِيجَةَ، يُكَنَى أَبَا عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ ابْنٍ لِأَبِي هَالَةَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ: سَأَلْتُ خَالِي هِنْدَ بْنَ أَبِي هَالَةَ، وَكَانَ وَصَّافًا، عَنْ حِلْيَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَنَا أَشْتَهِي أَنْ يَصِفَ لِي مِنْهَا شَيْئًا أَتَعَلَّقُ بِهِ، فَقَالَ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَخْمًا مُفَخَّمًا، يَتَلَأْلَأُ وَجْهُهُ تَلَأْلُؤَ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، أَطْوَلُ مِنَ الْمَرْبُوعِ، وَأَقْصَرُ مِنَ الْمُشَذَّبِ، عَظِيمُ الْهَامَةِ، رَجِلُ الشَّعْرِ، إِنِ انْفَرَقَتْ عَقِيقَتُهُ فَرَّقَهَا، وَإِلَّا فَلَا يُجَاوِزُ شَعْرُهُ شَحْمَةَ أُذُنَيْهِ إِذَا هُوَ وَفَّرَهُ، أَزْهَرُ اللَّوْنِ، وَاسِعُ الْجَبِينِ، أَزَجُّ الْحَوَاجِبِ سَوَابِغَ فِي غَيْرِ قَرَنٍ، بَيْنَهُمَا عِرْقٌ يُدِرُّهُ الْغَضَبُ، أَقْنَى الْعِرْنَيْنِ، لَهُ نُورٌ يَعْلُوهُ، يَحْسَبُهُ مَنْ لَمْ يَتَأَمَّلْهُ أَشَمَّ، كَثُّ اللِّحْيَةِ، سَهْلُ الْخدَّيْنِ، ضَلِيعُ الْفَمِ، مُفْلَجُ الْأَسْنَانِ، دَقِيقُ الْمَسْرُبَةِ، كَأَنَّ عُنُقَهُ جِيدُ دُمْيَةٍ فِي صَفَاءِ الْفِضَّةِ، مُعْتَدِلُ الْخَلْقِ، بَادِنٌ مُتَمَاسِكٌ، سَوَاءُ الْبَطْنِ وَالصَّدْرِ، عَرِيضُ الصَّدْرِ، بَعِيدُ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ، ضَخْمُ الْكَرَادِيسِ، أَنْوَرُ الْمُتَجَرَّدِ، مَوْصُولُ مَا بَيْنَ اللَّبَّةِ وَالسُّرَّةِ بِشَعْرٍ يَجْرِي كَالْخَطِّ، عَارِي الثَّدْيَيْنِ وَالْبَطْنِ مِمَّا سِوَى ذَلِكَ، أَشْعَرُ الذِّرَاعَيْنِ وَالْمَنْكِبَيْنِ وَأَعَالِي الصَّدْرِ، طَوِيلُ الزَّنْدَيْنِ، رَحْبُ الرَّاحَةِ، شَثْنُ الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ، سَائِلُ الْأَطْرَافِ - أَوْ قَالَ: شَائِلُ الْأَطْرَافِ - خَمْصَانُ الْأَخْمَصَيْنِ، مَسِيحُ الْقَدَمَيْنِ، يَنْبُو  عَنْهُمَا الْمَاءُ، إِذَا زَالَ زَالَ قَلِعًا، يَخْطُو تَكَفِّيًا، وَيَمْشِي هَوْنًا، ذَرِيعُ الْمِشْيَةِ، إِذَا مَشَى كَأَنَّمَا يَنْحَطُّ مِنْ صَبَبٍ، وَإِذَا الْتَفَتَ الْتَفَتَ جَمِيعًا، خَافِضُ الطَّرْفِ، نَظَرُهُ إِلَى الْأَرْضِ أَطْوَلُ مِنْ نَظَرِهِ إِلَى السَّمَاءِ، جُلُّ نَظَرِهِ الْمُلَاحَظَةُ، يَسُوقُ أَصْحَابَهُ وَيَبْدَأُ مَنْ لَقِيَ بِالسَّلَامِ "



Imām At Tirmidzī rahimahullāhu ta’ālā membawakan hadīts ini lengkap dengan jalur periwayatannya hingga Hind Ibnu Abū Halah radhiyallāhu ta'āla 'anhu yang mana beliau adalah anak dari Khadījah radhiyallāhu ta'āla 'anhā dan merupakan anak tiri Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam, dan beliau adalah seorang yang pandai mensifat seseorang.

Beliau berkata :

"Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam adalah seorang yang agung, dari sisi penampilan, serta sifatnya-sifatnya, lagi seorang yang sangat dihormati oleh para shahābatnya dan orang-orang yang melihatnya. Wajah Beliau bersinar sebagaimana sinar bulan saat purnama.

Jika dibandingkan dengan orang yang tingginya sedang, maka Beliau lebih tinggi darinya, tapi jika dibandingkan dengan orang yang terlalu tinggi, Beliau berada dibawahnya (artinya)  Beliau tinggi namun tidak terlalu tinggi.

Kepala Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) besar, dengan rambut yang sedikit bergelombang, jika rambut Beliau mungkin untuk dibelah dua dibelakang, Beliau akan membelahnya, namun jika tidak memungkinkan maka Beliau tidak membelahnya, dikarenakan rambut Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) sedang pendek tidak melebihi kedua daun telinganya.

Warna kulit Beliau putih kemerahan, dahi Beliau lebar, alis Beliau tipis lagi panjang yang sempurna namun kedua alis tersebut tidak bersambung di tengah-tengahnya, dan di antara keduanya ada daging yang hanya terlihat saat beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) marah.

Hidung Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) panjang, terpancar cahaya dari atasnya. Orang yang tidak memperhatikan Beliau dengan detail akan mengatakan Beliau memiliki hidung yang besar dari atas hingga bawah dengan ukuran yang sama (padahal tidak begitu. Beliau memiliki jenis hidung yang panjang, ujung hidungnya cenderung lancip, dan tengahnya sedikit meninggi, hidung yang baik dan ideal).

Jenggot Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) lebat, kedua pipi Beliau datar tidak menggembung, bibir Beliau besar (yang menandakan akan kefasihan beliau saat berbicara).

Gigi Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) terpisah antara satu dengan yang lainnya (ini menunjukan keindahan pada gigi Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam).

Ada yang bulu lembut di antara dada dan pusar Beliau yang mulia. Leher Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) memiliki tinggi yang ideal seakan-akan berwarna perak yang jernih, dengan perawakan yang bagus, memiliki badan yang berisi, tidak gemuk dan tidak kurus kering.

Dada dan perut Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) berada pada satu garis lurus, dada Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) lebar.

Persendian Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) lebar, yang menandakan akan kekuatan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam).

Bagian badan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) yang tidak tertutupi pakaian atau rambut akan terlihat bersinar, antara pusar dan lekukan atas dada terhubung dengan rambut yang halus seperti satu garis.

Namun di atas kedua dada dan perut Beliau tidak ditumbuhi rambut, lengan bawah, bahu dan dada ataslah yang berambut.

Lengan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) panjang, dengan telapak tangan yang lebar, dan kulit telapak tangan serta telapak kaki Beliau tebal, disertai jari tangan yang cukup panjang dengan panjang yang ideal.

Lekukan telapak kaki Beliau tidak terlalu tinggi, sedang-sedang saja, kedua kaki Beliau tidak ada lekukan, jika dituangkan air keatasnya, air tersebut akan mengalir dan tidak meninggalkan sisa.

Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) jika mengangkat kakinya untuk berjalan, Beliau akan  angkat dengan kuat, tanpa rasa malas, dan saat Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) menapakkan kakinya, Beliau letakan dengan cepat, namun ketika berjalan Beliau berjalan dengan rendah hati tidak sombong.

Langkah kaki Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) lebar tanpa dipaksa-paksakan, seakan-akan Beliau sedang berjalan menurun.

Jika Beliau ingin melihat kebelakang, Beliau akan memutar seluruh badannya, dan ini menunjukan akan kewibawaan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam).

Beliau biasa menjaga dan menundukan pandanganya, melihat ke bawah (bumi) lebih sering dilakukan dari pada melihat ke langit, dan sebagaian besar pandangan Beliau (shallallāhu 'alayhi wa sallam) bermaksud untuk bertafakur dan bertadabur.

Jika berjalan Beliau berada di belakang para shahābatnya, jika bertemu orang lain, Beliau bersegera untuk mengucapkan salam.

Dalam hadīts ini banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil, dari bagaimana sifat kepala Beliau yang mulia dan hiasan-hiasan di atasnya, tentang rambutnya, bagaimana alisnya, bagaimana bibir Beliau, bagaimana badan, leher, hingga cara berjalan.

Namun hadīts ini terdapat perbincangan di kalangan ulamā tentang keshahīhannya, dan kebanyakan ulamā mengatakan bahwa hadīts ini tidak shahīh, karena disebagian sanad hadīts ini ada orang-orang yang tidak dikenal (majhul) sebagaimana kata Al Mizzi dalam kitāb Tahdzib Al Kamal. Begitu juga  Ibnul Qayyim, ditambah lagi dalam hadīts ini adalah Jumai’ bin Umair yang dihukumi oleh Ibnu Hajar dalam Taqribut Tahdzib nomor 966 sebagai orang yang dhaif lagi berfaham syiah rafidhah.

Sehingga kita hanya membahasnya sampai di sini, dan jika ada pelajaran dalam hadīts ini yang didukung oleh hadīts lain yang shahīh maka kita benarkan.

Namun jika tidak ada hadīts lain yang mendukungnya, untuk sementara kita tidak bisa mengatakan apakah itu benar ataupun salah. Wallāhu A'lam.


🖋 Al Faqīr Ilallāh Ratno
Di kantor Bimbingan Islam Yogyakarta

_______

🌍 BimbinganIslam.com
Selasa, 29 Muharram 1440 H / 09 Oktober 2018 M
👤 Ustadz Ratno, Lc
📗 Kitab Syamāil Muhammadiyah
🔊 Halaqah 08 | Hadits 8
⬇ Download audio: bit.ly/SyamailMuhammadiyah-08
〰〰〰〰〰〰〰

No comments:

Post a Comment