Monday, January 21, 2019

Halaqah 01 ~ Muqadimah Beriman Kepada Malaikat

MUQODIMAH BERIMAN KEPADA MALAIKAT
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamau 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa ashabihi, waman tahum bi ihsanin ila yaumiddin, amma ba'du

Halaqah yang pertama dari halaqah silsilah ilmiah yang ke 6 Beriman dengan Malaikat adalah tentang Muqodimah Iman dengan Malaikat

Diantara pokok-pokok keimanan yang harus diimani seorang hamba adalah beriman dengan malaikat-malaikat Allah. Al Quran, Assunnah dan ijma kaum muslimin menunjukkan tentang wajibnya beriman dengan mereka. Dan kekufuran dengan malaikat adalah kekufuran dengan Allah azawazal. Semakin seseorang mengetahui tentang malaikat Allah secara terperinci, maka akan semakin bertambah keimanannya dan akan semakin banyak manfaatnya.

Al malaikah adalah jamak dari malak yang artinya adalah utusan, mereka adalah makhluk mulia dan dimuliakan. Allah telah memilih mereka menjadi utusan Allah kepada makhluknya. Allah berfirman:

قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا الْمُرْسَلُونَ

Ibrahim berkata kepada malaikat "kemudian apa yang menjadi maksud kalian wahai para utusan" (Q.S. Azzariat : 31)



Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya, tidak mengetahui jumlahnya kecuali Allah. Allah telah memilih mereka untuk beribadah kepada Allah.

Beriman kepada malaikat adalah termasuk rukun iman yang tidak sah iman seseorang sampai beriman dengan malaikat-malaikat Allah subhanahu wa ta'ala. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ

"Rosul telah beriman dengan apa yang telah diturunkan kepadanya dari Rab-nya dan juga orang-orang yang beriman, masing-masing dari mereka beriman kepada Allah dan malaikat-malaikatNya dan kitab-kitabNya dan rosul-rosulNya, kami tidak membeda-bedakan diantara rosul-rosulNya" (Q.S. Al-baqoroh : 285)

dan Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

"dan barang siapa yang kufur kepada Allah dan malaikat-malaikatNya dan kitab-kitabNya dan rosul-rosulNya dan juga hari akhir maka sungguh dia telah sesat dengan sesat yang jauh" (Q.S. An Nisa : 136)

Di dalam hadits Jibril yang mashur, Rosulullah salallahu 'alaihi wa salam bersabda ketika ditanya tentang apa itu iman

LAFAZ

"Engkau beriman dengan Allah dan malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rosul-rosulNya, dan hari akhir dan engkau beriman dengan takdir yang baik maupun yang buruk" (H.R. Muslim)

Dan diantara cara beriman dengan malaikat-malaikat Allah adalah
1. Beriman dengan keberadaanya
2. Beriman dengan nama-namanya
3. Beriman dengan syifat-syifatnya
4. Beriman dengan amalan-amalan mereka

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah yang pertama ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah
============================================
📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 01 ~ Muqadimah Beriman Kepada Malaikat
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.


No comments:

Post a Comment