Tuesday, January 29, 2019

Halaqah 07 ~ Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat Bagian 02

BERIMAN DENGAN SIFAT-SIFAT FISIK MALAIKAT BAGIAN 02
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang ketujuh dari silsilah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat Bagian 02

5. Malaikat Berbicara

Dalil di dalam Al Quran dan Hadits banyak yang menunjukan bahwasannya malaikat berbicara. Mereka berbicara dengan Allah sebagaimana firman Allah:

LAFAZ

"Dan ketika Robmu berkata kepada malaikat-malaikat, sesungguhnya Aku akan menjadikan di bumi seorang kholifah, mereka berkata apakah engkau menjadikan di bumi orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan menumpahkan darah sedangkan kami bertashbih dengan memujimu dan menyucikanmu, Allah berkata sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui" (Q.S. Al baqoroh : 30)



Mereka berbicara dengan para nabi sebagaimana ayat yang menceritakan pembicaraan mereka dengan nabi Ibrohim, lihat Adz dzariat ayat 24-34, dan pembicaraan mereka dengan nabi Luth, lihat surat Hud ayat 81.

Dan di dalam hadits Jibril, malaikat Jibril 'alaihi salam berbicara dengan nabi kita Muhammad salallahi 'alaihi wa salam bertanya tentang Islam, Iman dan juga Ihsan (H.R. Muslim)

Dan mereka berbicara dengan orang-orang soleh sebagaimana firman Allah menceritakan tentang pembicaraan malaikat kepada Maryam :

LAFAZ

"Dan ketika para malaikat berkata wahai maryam sesungguhnya Allah telah memilihmu dan menyucikanmu dan memilihmu diantara wanita-wanita seluruh alam" (Q.S. Ali Imron : 42)

Mereka berbicara dengan penduduk surga, lihat surat Ar rad : 23-24, dan mereka berbicara dengan penduduk neraka, lihat surat Gofir : 49-50.

6. Malaikat memiliki kemampuan menjelma sebagai manusia dengan izin Allah subhanahu wa ta'ala

Allah berfirman di dalam kisah maryam:

LAFAZ

"Maka maryam memasang hijab atau tabir yang melindungi diri beliau dari keluarganya maka kami pun mengutus kepadanya roh kami yaitu Jibril maka Jibril menjelma di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna" (Q.S. Maryam :17)

Kisah Ibrohim dan Luth bersama malaikat dan juga hadits Jibril termasuk diantara dalil-dalil tentang sifat malaikat ini. Dan hendaknya kita mewaspadai keyakinan sebagian orang yang mengingkari sifat ini seperti kelompok mu'tajilah yang menganggap hal ini hanyalah khayalan orang yang melihat.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
๐Ÿ”Š  Halaqah 07 ~ Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat Bagian 02
๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment