Wednesday, January 30, 2019

Halaqah 08 ~ Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat Bagian 03

BERIMAN DENGAN SIFAT-SIFAT FISIK MALAIKAT BAGIAN 03
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang kedelapan dari silsilah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat Bagian 03

7. Malaikat bisa dilihat

Kebiasaan malaikat adalah tidak menampakan dirinya dari manusia namun terkadang menampakan diri dengan izin Allah di hadapan makhluq yang lain. Dalil-dalil telah menunjukan bahwa malaikat bisa dilihat. Nabi Ibrohim dan Nabi Luth 'alaihima salam telah melihat malaikat dalam bentuk manusia, Maryam 'alaiha salam melihatnya dalam bentuk manusia, Rosulullah salallahu 'alaihi wa salam pernah melihat Jibril dalam bentuk aslinya dan sering dalam bentuk manusia dan sebagian sahabat rodiallahu anhum pernah melihat Jibril dalam bentuk manusia.

Disebutkan di dalam hadits bahwa ayam yang berkokok sedang melihat malaikat, beliau salallahu 'alaihi wa salam mengatakan :

LAFAZ



"Apabila kalian mendengar kokok ayam maka mintalah kepada Allah dari karunia Allah karena sesungguhnya ayam tersebut melihat malaikat dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai maka hendaklah kalian berlindung kepada Allah dari syaiton karena keledai tersebut melihat syaiton" (H.R. Bukhori dan Muslim)

Namun seseorang hendaklah waspada jangan sampai dia menyangka melihat malaikat atau bermimpi melihat malaikat padahal dia adalah iblis yang ingin menyesatkan manusia.

8. Jumlah malaikat sangat banyak, tidak mengetahui jumlahnya kecuali Allah

Allah berfirman:

LAFAZ

"Tidak mengetahui jumlah tentara-tentara Robmu yaitu malaikat kecuali Dia " (Q.S. Al Mudatsir : 31)

Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam pernah bercerita diantara apa yang beliau lihat ketika Isro dan Mi'roz, beliau mengatakan:

LAFAZ

"Maka diperlihatkan kepadaku al baitul makmur, aku bertanya kepada Jibril dan dia menjawab ini adalah al baitul makmur setiap hari shalat di dalamnya 70.000 malaikat, apabilah telah keluar dari al baitul makmur maka mereka tidak akan kembali ke sana.

Dan berapakan jumlah malaikat yang telah shalat di sana semenjak Allah menciptakan al baitul makmur sampai sekarang dan sampai hari kiamat.

Suatu hari, Rosulullah salallahu 'alaihi wa salam mendengar suara atau deritan langit kemudian beliau mengatakan :

LAFAZ

"Sesungguhnya aku melihat apa yang tidak kalian lihat dan mendengar apa yang tidak kalian dengar Langit mengeluarkan suara atau deritan dan dia berhak untuk mengeluarkan suara karena tidak ada sebuah tempat seluas empat jari kecuali disitu ada seorang malaikat yang meletakan dahinya bersujud untuk Allah" (H.R. Tirmizi dan Ibnu Majah, Hasan)

Langit yang tujuh mengeluarkan deritan karena sangat banyaknya dan sangat beratnya malaikat yang tinggal di sana.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
๐Ÿ”Š  Halaqah 08 ~ Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat Bagian 03
๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment