Friday, January 25, 2019

Halaqah 05 ~ Nama-Nama Yang Tidak Benar Penisbahannya Kepada Sebagian Malaikat

NAMA-NAMA YANG TIDAK BENAR BENISBAHANNYA
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang kelima dari halaqah silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat adalah tentang Nama-Nama Yang Tidak Benar Penisbahannya Kepada Sebagian Malaikat

Disana ada nama-nama malaikat yang masyhur di kalangan kaum muslimin akan tetapi tidak berdasarkan dalil yang sohih.

1. Izroil sebagai nama malaikat pencabut nyawa

Tidak ada dalil yang sohih bahwa Izroil adalah nama dari malaikat pencabut nyawa. Allah di dalam Al Quran dan nabi di dalam hadits yang sohih hanya menggunakan istilah Malakul Maut atau malaikat kematian. Allah berfirman:

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

"Katakanlah malakul maut atau malaikat kematian yang telah ditugaskan kepada kalian akan mewafatkan kalian kemudian kalian akan dikembalikan kepada Rob kalian" (Q.S. As Sajdah :11)



Rasulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:

LAFAZ

"Diutus malakul maut kepada Musa maka ketika malaikat tersebut mendatangi Musa, nabi Musa menamparnya maka kembalilah malaikat tersebut keapda Robnya" (H.R. Bukhori Muslim, Sohih)

2. Ridwan sebagai nama malaikat penjaga surga

Tidak ada dalil yang sohih bahwa Ridwan adalah nama malaikat penjaga surga. Allah di dalam Al Quran dan nabi di dalam hadits yang sohih hanya menggunakan istilah penjaga tanpa menyebut nama. Allah berfirman:

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

"Dan digiring orang-orang yang bertaqwa kepada Rob mereka ke surga dalam keadaan berkelompok kelompok sehingga ketika mereka mendatanginya dan dibuka pintu-pintu surga dan berkatalah para penjaga surga kepada mereka keselamatan atas kalian, kalian telah baik maka masuklah kalian ke dalam surga kekal selamanya" (Q.S. Az zumar : 73)

Rasulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:

LAFAZ

"Aku akan mendatangi pintu surga pada hari kiamat maka aku meminta untuk dibukakan, maka berkatalah penjaga, siapakah engkau? maka aku berkata Muhammad, maka dia berkata denganmulah aku diperintah aku tidak membukanya untuk seorang pun sebelummu" (H.R. Muslim)

Demikian pula disana ada nama Ismail, Syarohil, Harohil, dan nama-nama malaikat yang lain yang tidak ada dalilnya tidak boleh seorang muslim memberi nama malaikat tanpa berdasarkan dalil yang sohih

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 05 ~ Nama-Nama Yang Tidak Benar Penisbahannya Kepada Sebagian Malaikat
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment