Wednesday, July 1, 2020

Halaqah 13 ~ Penjagaan Allāh Kepada Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam Sebelum Kenabian Beliau

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 13 ~ Penjagaan Allāh Kepada Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam Sebelum Kenabian Beliau
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 13 ~ Penjagaan Allāh Kepada Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam Sebelum Kenabian Beliau

Diantar bentuk penjagaan Allah kepada Muhammad salallahu 'alaihi wasalam sebelum diwahyukan, ketika renovasi Ka'bah Muhammad mengangkat batu bersama paman beliau Abbas. Abbas saat itu mengusulkan kepada Muhammad salallahu 'alaihi wasalam supaya mengangkat izar beliau yaitu pakaian bagian bawah dan meletakkannya di atas leher bagian belakang supaya menjaga Muhammad dari bekas batu yang diangkat ketika mereka jauh dari manusia. Tatkala beliau akan melakukannya tiba-tiba beliau pingsan dan ketika bangun belaiu pun meminta suapay dikencangkan izarnya. (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

Dan kejadian tersebut terjadi saat beliau berumur 35 tahun. Diriwayatkan oleh Abdu Rozak di dalam Al-Musanaf.

Dan sebagaimana yang diketahui bahwa telanjang pada saat itu bukan suatu yang aneh menurut orang-orang arab jahiliyah. Dahulu mereka biasa Tawaf di sekitar Ka'bah dalam keadaan telanjang kecuali orang-orang quraisy. Dan Tawah dalam keadaan telanjang terus dilakukan oleh mereka sampai dilarang oleh Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam pada tahun 9 H lewat perantaraan Abu -Bakar As-Sidik. Abu Bakar mengumumkan

...

"Janganlah ada orang musyrik yang berhaji setelah tahun ini dan jangan ada orang yang Tawaf di sekitar baitullah dalam keadaan telanjang" (H.R. Al-Bukhari)

Kejadian di atas menunjukkan bahwa Nabi Salallahu 'alaihi wasalam terjaga dari apa yang dianggap tercela baik sebelum kenabian maupun setelah kenabian.

Diantara penjagaan Allah kepada beliau salallahu 'alaihi wasalam sebelum kenabian bahwa beliau berpegang teguh dengan warisan nabi Ibrohim dan Ismail di dalam Aqidah, Haji, pernihkahan, dan lain-lain.

Pernah beliau salallahu 'alaihi wasalamTawaf berzama Zaid Ibnu Harstah kemudian Zaid menyentuh berhala dengan tangan kanannya maka Muhammad salallahu 'alaihi wasalam melarang Zaid kemudian Zaid menyentuh lagi dan dilarang kembali oleh Muhammad salallahu 'alaihi wasalam. Ziad bin Harstah bersumpah bahwa Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam tidak pernah menyentuh berhala sedikit pun.Diriwayatkan oleh At-Tabrani di dalam kitab Al-Mu'jamil Kabir.

Sebelum menjadi nabi, Muhammad salallahu 'alaihi wasalam pernah dihidangkan kepada beliau daging dan beliau tidak memakannya karena tekut makanan tersebut termasuk yang disembelih untuk berhala. (H.R. Al-Bukhari)

Beliau dahulu Wukuf di Arafah sebagaimana dilakukan oleh nabi Ibrohim 'alaihisalam berbeda dengan orang-orang quraisy yang mereka Wuquf di Muzdalifah menyelisihi ajaran nabi Ibrohim.

No comments:

Post a Comment