Friday, July 10, 2020

Halaqah 20 ~ Dakwah Sirriyyah Atau Sembunyi-Sembunyi

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 20 ~ Dakwah Sirriyyah Atau Sembunyi-Sembunyi
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 20 ~ Dakwah Sirriyyah Atau Sembunyi-Sembunyi

Setelah turun surat Al-Mudatsir 1-7dan dengannya beliau Shallallahu 'alaihi wassalam menjadi seorang rosul mulailah beliau berdakwah di Mekah mendakwahi orang-orang Quraisy dan penduduk Mekah dengan dakwah sembunyi-sembunyi. Ada yang mengatakan bahwa ini berlangsung 3 tahun.

Khadijah roduallahuanha adalah wanita pertama yang masuk Islam dan membenarkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassalam sebagaimana dalam hadits A'isyah yang telah berlalu.

Ali bin Abi Thalib radiallauanhu yang dulu diasuh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassalam semenjak sebelum menjadi nabi adalah anak kecil yang pertama masuk Islam. Ada yang mengatakan umurnya 10 tahun. Ali bin Abi Thalib ikut nabi Shallallahu 'alaihi wassalam karena Abu Thalib adalah orang yang sedikit hartanya dan banyak tanggungannya sehingga saat itu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassalam mengasuh Ali untuk meringankan beban pamannya.

Adapun yang pertama kali masuk Islam dari laki-laki dewasa adalah Abu Bakar As-Sidik radiallahuanhu. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassalam bersabda

...

"Sesungguhnya Allah telah mengutusku kepada kalian kemudian kalian mengatakan engkau berdusta, dan berkata Abu Bakar dia telah benar dan dia telah menolongku dengan jiwanya dan hartanya, apakah kalian meninggalkan sahabatku?" (H.R. Al-Bukhari)

Dengan Islamnya Abu Bakar, keluarganya juga mengikuti beliau di dalam Islam. Dan diantara yang pertama-tama masuk Islam adalah:

- Zaid bin Hartsah, maula Rosulullah Shallallahu 'alaihi wassalam
- Ustman bin Affan
- Al Zubair bin Al-Awwam
- Kholid bin Said bin AL-Ash
- Abdullah bin Masud
- Khobab bin Al-Ard
- Bilal Al-Habashi
- Amar bin Yasir
- Sumayah ibu Ammar bin Yasir
- Amr Ibnu Abasah
- Abu Dzar Algifari
- dll

Beberapa riwayat menunjukkan bahwa beberapa sahabat mengaku dan merasa dirinya yang pertama masuk Islam dan ini tidak bertentangan karena mereka mengabarkan sesuai dengan apa yang dia lihat dan dia ketahui.

Kemudian ini yang menunjukkan kerahasiaan dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassalam saat itu.

No comments:

Post a Comment