Thursday, July 2, 2020

Halaqah 14 ~ Kabar Para Nabi Dengan Kedatangan Nabi Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 14 ~ Kabar Para Nabi Dengan Kedatangan Nabi Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 14 ~ Kabar Para Nabi Dengan Kedatangan Nabi Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam

Disebutkan di dalam Al-Quran bahwa Isa 'alaihisalam telah memberi kabar gembira dengan kedatangan nabi Muhammad salallahu 'alaihi wasalam. Allah subhanahu wata'ala befirman
....

"Dan ketika Isa ibnu Maryam berkata wahai bani Isroil sesungguhnya aku adalah rosulullah untuk kalian yang membenarkan At-Taurat yang datang sebelumku dan memberikan kabar gembira dengan kedatangan seorang rosul yang datang setelahku yang bernama Ahmad, maka ketika Muhammad datang dengan ayat-ayat yang jelas mereka berkata ini adalah sihir yang nyata" (Q.S. Shaf : 6)

Di dalam ayat yang lain disebutkan bahwa kabar gembira ini ada di dalam Taurat dan Injil, disebutkan disana kedatangan rasulullah, ciri-cirinya, dan sifat-sifatnya. Allah subhanahu wata'ala berfirman
...

"Orang-orang yang mengikuti rasul nabi yang ummi yang mereka temukan tertulis namanya di dalam Taurat dan Injil, dia memerintahkan mereka dengan kebaikan dan melarang mereka dari kemungkaran dan menghalalkan untuk mereka perkara-perkara yang baik dan mengharamkan atas mereka perkara-perkara yang jelek dan menghilangkan dari mereka syariat yang berat dan susah yang dahulu diwajibkan atas mereka" (Q.S. Al-A'raf : 157)

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
...

"Dan kabar-kabar bahwa ahlul kitab mengetahui sifat Muhammad salallahu 'alaihi wasalam yang ada di dalam kitab-kitab yang dahulu adalah kabar-kabar yang muatawatir dari mereka" Al-Jawabus Shohih Jilid I hal. 340

Demikian pula kabar dari orang-orang yang telah masuk Islam dan belum masuk Islam mereka mengabarkan demikian. Seperti apa yang dialami oleh orang-orang Anshor saat mereka masih musyrik. Dahulu orang-orang yahudi yang merupakan tetangga mereka di kota Madinah sering mengabarkan kepada mereka akan kedatangan nabi terakhir yang mereka tunggu dan mereka mengancam akan memerangi orang-orang musyrikin bersama nabi tersebut.

 Allah subhanahu wata'ala mengabarkan
...

"Dan ketika datang kepada mereka kitab dari sisi Allah yang membenarkan apa yang ada bersama mereka padahal sebelumnya mereka mengabarkan bahwa mereka akan meminta tolong dengan nabi tersebut untuk memerangi orang-orang kafir maka ketika datang kepada mereka apa yang mereka ketahui tiba-tiba mereka kufur maka laknat Allah atas orang-orang yang kafir" (Q.S. Al-Baqoroh : 89)

Dalil-dalil atas kebenaran kenabian Muhammad Shallallahu 'alaihi wassalam tidak hanya dengan kabar-kabar gembira tersebut namun Al-Quran syariat yang sempurna, mukjijat-mukjijat beliau sallallahu 'alaihi wasalam yang telah disaksikan oleh banyak manusia, perjalanan hidup beliau baik ibadah, akhlaq. dakwah, jihad dan lain-lain, ini semua menunjukkan kebenaran kenabian beliau salallahu 'alaihi wasaslam.




No comments:

Post a Comment