Thursday, August 27, 2020

Halaqah 34 ~ Berhijrah Ke Habasyah

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 34 ~ Berhijrah Ke Habasyah

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 34 ~ Berhijrah Ke Habasyah

Perdebatan semakin sengit antara kaum muslimin dan orang-orang musyrikin. Orang-orang musyrikin juga semakin bertambah keras kepada kaum muslimin. Perdebatan semakin sengit antara kaum muslimin dan orang-orang musyrikin dan orang-orang musyrikin mereka semakin bertambah keras di dalam menekan kaum muslimin. Maka jadilah orang-orang islam dalam keadaan yang sangat susah di kota Mekah akhirnya mereka diperintahkan untuk berhijrah ke tempat yang aman yaitu Habasyah atau Ethiopia. 

Berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam

Inna bilarbil Habasyah manikan layudzlamu ahadun indahu,fal haqu bil biladihi hatta yajalallahu lakum farojat, wamakhrojan mima antum bihi

"Sesungguhnya di negeri Habasyah ada seorang raja yang tidak akan seorang pun didholimi di sisinya, maka pergilah kalian ke negeri tersebut sehingga Allah menjadikan bagi kalian jalan keluar dari keadaan kalian sekarang ini" (H.R. Ibnu Ishaq di dalam Sirahnya dengan sanad yang hasan)

Hijrah ke Habasyah terjadi dua kali. Hijrah yang pertama terjadi di bulan Rajab pada tahun ke-5 kenabian, mereka terdiri dari 11 orang laki-laki dan 4 orang wanita. Mereka berjalan kaki menuju pantai dan menyewa perahu dengan 0,5 dinar. Sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Hisyam di dalam Sirahnya.Diantara yang hijrah ke Habasyah pada hijrah yang pertama ini adalah Ummu Salamah

Setelah hijrah yang pertama terjadi kejadian besar di kota Mekah, Nabi Shallallahu alaihi wassalam shalat di Masjidil Haram kemudian membaca surat An-Najm dan beliau sujud ketika sampai ayat sujud dan sujudlah seluruh yang hadir kecuali dua orang yang sombong maka tersebarlah berita bahwa orang-orang Quraisy masuk ke dalam agama Islam. (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

Sebagian mengatakan bahwa sujudnya orang-orang musyrikin karena rasa takut yang menyelimuti mereka ketika mendengar binasanya umat-umat terdahulu sebagaimana disebutkan di dalam surat An-Anajm. Ketika terdengar kabar bahwa orang-orang Quraisy masuk Islam, sebagian kaum muslimin yang ada di Habasyah seperti Ustman bin Mat'un pulang kembali ke Mekah dan ternyata mereka mendapatkan kabar tersebut tidak benar. Kembalilah mereka ke Habasyah bersama rombongan yang baru yang jumlahnya lebih dari 80 orang laki-laki dan 18 wanita.

Dan inilah Hijrah ke Habasyah yang ke-2. Maka Quraisy mengirimkan Amr Ibnul Ash dan Abdullah Ibnu Abi Rabiah dengan membawa hadiah untuk Raja Najasyi dan para tokoh agama Nasrani di sana dengan tujuan menarik kembali oran-orang Islam yang hijrah ke Habasyah.

No comments:

Post a Comment