Monday, August 31, 2020

Halaqah 36 ~ Islamnya Umar

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 36 ~ Islamnya Umar

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 36 ~ Islamnya Umar

Sebagian ulama mengatakan bahwa islamnya beliau terjadi pada tahun 6 kenabian. Dahulu Umar adalah laki-laki yang ditakuti diantara orang-orang Quraisy, beliau bersikap keras kepada orang-orang islam. Berkata Said bin Jaid suami dari saudari Umar, Fathimah bintul Khatab "Demi Allah, sungguh aku melihat diriku dan Umar mengikatku karena keisalamanku sebelum dia masuk islam" Atsar ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari. Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pernah berdoa 

Allahuma aizal Islama biahabi ahazaini razulaini ilaik, bi abi jahlin au bi umar ibnul khatab

"Ya Allah kutakanlah Islam dengan orang yang paling engkau cintai dari dua laki-laki ini Abu Jahl atau Umar Ibnul Khatab" (H.R. At Tirmizi shohih)

Maka Allah mengabulkan doa beliau dan masuklah Umar ke dalam agama islam. Semenjak itulah islam menjadi lebih kuat dan kaum muslimin berani melakukan shalat di depan Ka'bah tanpa rasa takut dari gangguan oran-orang musyrikin.

Berkata Abdullah Ibnul Masud

Mazilna aรญzatal munzua islama Umaru 

"Kami senantiasa kuat semenjak Umar masuk islam" (H.R. Al-Bukhari)

Abdullah Ibnu Umar bercerita bahwa ketika Umar masuk islam, Umar berkata "Siapa orang Quraisy yang paling cepat menukil berita?", ada yang berkata Jamil bin Ma'mar Al Jumahi, maka Umar pun mendatanginya dan berkata "wahai Jamil sesungguhnya aku telah masuk islam dan masuk dalam agama Muhammad" Berkata Abdullah Ibnu Umar "Demi Allah setelah itu Jamil langsung berdiri menyeret selendangnya diikuti Umar dan akupun mengikutinya sehingga sampailah Jamil di pintu Masjidil haram kemudian dia berteriak dengan suara yang sangat keras dan saat itu orang-orang Quraisy berkumpul di tempat-tempat perkumpulan mereka di sekitar Ka'bah.

"Wahai orang-orang Quraisy, ketahuilah bahwa Umar telah keluar", berkata Umar dari belakang Jamil "Dia telah berdusta akan tetapi aku telah masuk Islam dan aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan bahwasannya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya" maka orang-orang Quraisy pun mengeroyoknya, beliau memerangi mereka dan merekapun memerangi Umar sehingga matahari berada di atas kepala mereka yaitu sampai waktu siang. Kemudian Umar lelah dan terduduk dan berkata "lakukanlah apa yang kalian inginkan" Dalam keadaan demikian datanglah Al-Ash bin Wail Asahmi dari kabilah Quraisy dan berkata "Ada apa kalian?" mereka mengatakan "Umar telah keluar" Dia berkata "Lalu kenapa seseorang telah memilih untuk dirinya sebuah perkara kemudian apa yang kalian inginkan, apakah kalian memandang bahwa Bani Adi bin Kaรกb membiarkan apa yang kalian lakukan terhadapnya?" Maka merekapun membiarkan Umar.

Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Hisyam di dalam Sirahnya dengan sanad yang hasan

No comments:

Post a Comment