Monday, March 25, 2019

Halaqah 01 ~ Pengertian Kitab Secara Bahasa dan Syariat serta Wajibnya Beriman Dengan Kitab-kitab Allāh

PENGERTIAN KITAB SECARA BAHASA DAN SYARIAT
klik link audio

Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah waála alihi washohbihi ajmain

Halaqoh yang pertama dari silsilah ilmiah ke-7 beriman dengan kitab-kitab Allah adalah tentang Pengertian Kitab Secara Bahasa dan Syariat serta Wajibnya Beriman Dengan Kitab-kitab Allāh

Diantara pokok-pokok keimanan yang harus diimani seorang hamba adalah beriman dengan kitab-kitab Allah, semakin seseorang mengetahui tentang kitab-kitab Allah secara terperinci maka akan semakin bertambah keimanannya dan akan semakin besar manfaatnya di dunia maupun di akherat.

Kitabun dalam bahasa arab adalah mufrod atau tunggal dari kutubun, Kitab artinya yang ditulis. Adapun secara syareat, maka yang dimaksud kitab-kitab disini adalah kitab-kitab yang Allah turunkan kepada para rosulnya sebagai petunjuk bagi manusia supaya mereka mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akherat.



Al-Qurna, As-Sunnah dan Ijma' kaum muslimin menjukkan tentang wajibnya beriman dengan kitab-kitab Allah. Dan bahwasannya kekufuran dengan kitab-kitab Allah pada hakekatnya adalah kekufuran dengan Allah subhanahu wataála.

Dari Al-Quran, Allah subhanahu wataála berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

"Wahai orang-orang yang beriman, berimanlan kalian kepada Allah dan Rosulnya dan kitab yang telah diturunkan kepada Rosulnya, dan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan barangsiapa yang kufur kepada Allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, rosul-rosulnya, dan hari akhir maka sungguh dia telah sesat dengan kesesatan yang jauh" (Q.S. An Nisa : 136)

Dari As Sunnah adalah sabda nabi salallahu álaihi wasalam ketika ditanya Jibril tentang apa itu Iman beliau mengatakan:

LAFAZ

"Beriman adalah engkau beriman dengan Allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, rosul-rosulnya, dan hari akhir dan engkau beriman dengan takdir yang baik maupun yang buruk" (H.R. Muslim)

Adapun dari Ijma' maka telah berkata Ibnu Bathoh rohimahullah

LAFAZ

"Demikian pula wajibnya beriman dan membenarkan seluruh apa yang dibawa oleh para rosul dari sisi Allah dan beriman dengan seluruh yang Allah azawazala katakan, ini adalah sebuah kewajiban. Seandainya seseorang beriman dengan seluruh yang dibawa oleh para rosul kecuali satu hal maka dengan dia menolak satu hal tersebut jadilah dia kafir menurut seluruh ulama"  (Al Ibanah As Sughro hal 211)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Abdullah Roy di kota Madinah
=============================================
📘 Silsilah Ilmiyyah 07 Beriman Kepada Kitab-Kitab Allāh
🔊  Halaqah 01 ~ Pengertian Kitab Secara Bahasa dan Syariat serta Wajibnya Beriman Dengan Kitab-kitab Allāh
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment