Tuesday, March 26, 2019

Halaqah 02 ~ Pentingnya Beriman Dengan Kitab-kitab Allāh

PENTINGNYA BERIMAN DENGAN KITAB-KITAB ALLAH
klik link audio

Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah waála alihi washohbihi ajmain

Halaqoh yang ke-2 dari silsilah ilmiah beriman kepada kitab-kitab Allah adalah tentang pentingnya beriman dengan kitab-kitab Allah dan cara beriman dengan kitab-kitab Allah

Diantara yang menunjukkan pentingnya beriman dengan kitab-kitab Allah bahwasannya beriman dengan kitab-kitab Allah secara global adalah termasuk pokok-pokok aqidah Islam. Dan merupakan rukun yang ke-3 dari 6 rukun iman yang tidak sah iman seseorang kecuali dengan mengimani seluruh rukun iman ini. Dan telah berlalu haditsnya.

Kemudian diantara yang menunjukkan pentingnya bahwasannya beriman dengan kitab-kitab adalah sifat orang-orang yang beriman. Allah berfirman:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ



"Rosul beriman dengan apa yang diturunkan kepadanya dari Robnya, demikian pula orang-orang yang beriman semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, dan rosul-rosulnya" (Q.S. Albaqoroh : 285)

Dan diantara yang menunjukkan pentingnya bahwa Allah telah menyuruh orang-orang beriman untuk mengatakan "kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami". Di dalam sebuah ayat, Allah berfirman:

قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

"Katakanlah oleh kalian kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepada Ibrohim, Ismail, Ishak, Yakub, dan Asbath dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa dan apa yang diberikan kepada para Nabi dari Rob mereka, kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami menyerahkan diri kepada Allah" (Q.S. Albaqoroh : 136)

Dan diantara yang menunjukkan pentingnya beriman dengan kitab-kitab Allah bahwasannya mengkufuri kitab-kitab Allah adalah sebuah kesesatan yang nyata. Allah berfirman:

  وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

"Dan barangsiapa yang kufur kepada Allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, rosul-rosulnya, dan hari akhir maka sungguh dia telah tersesat dengan kesesatan yang jauh" (Q.S. An Nisa : 136)

Dan diantara yang menunjukkan pentingnya beriman dengan kitab-kitab Allah bahwasannya Allah telah menurunkan kitab-kitab tersebut sebagai petunjuk bagi manusia, mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya, menunjukkan mereka jalan yang lurus yang dengannya mereka bahagia di dunia dan akhirat. Allah subhanahu wataála berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَا التَّوْرَاةَ فِيهَا هُدًى وَنُورٌ 

"Sesungguhnya kami telah menurunkan Taurat di dalamnya ada petunjuk dan juga cahaya" (Q.S. Al Maidah : 44)

Demikian pula Firman Allah

وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ

"Dan kami telah berikan kepada Isa, Injil di dalamnya ada petunjuk dan juga cahaya" (Q.S. Al Maidah :46)

Dan Allah mengatakan:

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

"Kitab tersebut, yaitu Al Quran, tidak ada keraguan di dalamnya sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa" (Q.S. Albaqoroh : 2)

Cara beriman dengan kitab-kitab Allah adalah beriman dengan 4 perkara:
  1. Beriman bahwasannya kitab-kitab ini benar-benar turun dari Allah subhanahu wataála
  2. Beriman dengan nama-nama kitab yang kita ketahui namanya sedangkan yang tidak kita ketahui maka kita beriman secara global
  3. Membenarkan kabar-kabar yang sohih di dalam kitab-kitab tersebut seperti kabar-kabar Al-Quran dan kabar-kabar kitab sebelumnya yang belum diubah
  4. Beramal, ridho dan berserah diri dengan hukum-hukum yang belum dihapus di dalam kitab-kitab tersebut dan semua kitab yang terdahulu telah mansukh atau terhapus hukumnya dengan Al-Quran.

Dan penjelasan ke-4 perkara ini Insya Allah akan diperinci pada halaqoh-halaqoh selanjutnya.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Abdullah Roy di kota Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 07 Beriman Kepada Kitab-Kitab Allāh
🔊  Halaqah 02 ~ Pentingnya Beriman Dengan Kitab-kitab Allāh
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment