Thursday, October 22, 2020

Halaqah 54 ~ Pengaruh Islam Terhadap Tatanan Masyarakat Kota Madinah

๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.3 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 54 ~ Pengaruh Islam Terhadap Tatanan Masyarakat Kota Madinah

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 54 ~ Pengaruh Islam Terhadap Tatanan Masyarakat Kota Madinah

Orang-orang yahudi terus mengobarkan api peperangan antara Aus dan Kahdraj, puncaknya adalah di perang Buast yang terjadi 5 tahun sebelum hijrahnya nabi Shallallahu alaihi wassalam, dimana Aus saat itu bisa mengalahkan Khadraj padahal sebelumnya Khadraj lah yang sering mengalahkan Aus sehingga pada akhirnya Aus bersekutu dengan bani Nadhir dan bani Quraidah kemudian mengalahkan Khadraj di perang Buast.

Setelah itu, sadarlah orang-orang Aus dan Khadraj bahwa peperangan mereka selama ini menguntungkan orang-orang yahudi dalam usaha mereka menguasai kota Madinah. Oleh karena itu mereka pun berusaha untuk berdamai bahkan mereka bersepakat untuk mengangkat Abdullah bin Ubay bin Salul seorang pembesar Khadraj untuk menjadi raja Yastrib. Ini menunjukkan bagaimana Aus dan Kahdraj mereka masih menjaga kekuatannya setelah perang Buast.

Peperangan yang berkepanjangan antara dua suku ini melahirkan keinginan yang kuat untuk berdamai dan hidup tenang, dan hal ini bersamaan waktunya dengan masuknya Isalm ke kota Madinah yang mengajak kepada persaudaraan dan perdamaian. Ketika Aus dan Kahdraj masuk Islam dan berdatangan orang-orang Muhajirin maka hal ini sangat mempengaruhi tatanan kota Madinah yang sebelumnya persatuan berdasarkan kabilah sekarang menjadi persatuan yang berdasarkan aqidah. 

Penduduk Madinah yang sebelumnya terdiri dari orang-orang yahudi dan orang-orang musyrikin sekarang terjadi menjadi tiga 

1. orang-orang yang beriman, terdiri dari sebagian besar orang Aus dan Khadraj yang masuk Islam, orang-orang Quraisy yang berhijrah dan beberapa orang dari kabilah-kabilah arab yang berhijrah.

2. orang-orang yahudi yang terdiri dari tiga suku

3. orang-orang munafiqin yang mereka adalah sebagian kecil dari orang-orang Aus dan Khadraj yang dahulunya mareka adalah musyrikin kemudian menampakkan keislaman dan menyembunyikan kekafiran mereka

No comments:

Post a Comment