Monday, October 19, 2020

Halaqah 51 ~ Sampai Ke Kota Madinah

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.3 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 51 ~ Sampai Ke Kota Madinah

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 51 ~ Sampai Ke Kota Madinah

Setelah melewati perjalanan yang panjang dan menegangkan maka pada tanggal 12 Rabiul Awal hari senin menjelang siang sampailah nabi dan Abu Bakar di Quba sebuah daerah 5 km di sebelah selatan kota Madinah. Tinggal di daerah ini bani Amr bin Auf. Di dalam soheh Al Bukhari disebutkan bahwa beliau Shallallahu alaihi wassalam tinggal di Quba selama 14 hari dan membangun di sana pondasi masjid Quba. 

Ketika beliau berazam dan berkehandak untuk memasuki kota madinah maka beliau mengirim utusan ke bani An Nazar. Dan kaum muslimin di kota Madinah sebelumnya telah mendengar keluarnya nabi Shallallahu alaihi wassalam dari Mekah. Setiap pagi mereka menunggu nabi Shallallahu alaihi wassalam di pinggiran kota Madinah dan apabila telah terasa panasnya matahari maka merekapun pulang ke rumahnya, demikianlah setiap hari.

Sehingga ketika di hari Nabi Shallallahu alaihi wassalam datang, merek manunggu sampai pertengahan hari kemudian pulang. Datanglah Nabi Shallallahu alaihi wassalam sementara mereka sudah masuk ke dalam rumah-rumah mereka. Seorang yahudi melihat nabi kemudian diapun memanggil kaum muslimin, keluarlah mereka dan menyambut nabi Shallallahu alaihi wassalam dan bergembira dengan kegembiraan yang luar biasa. 

Telah menyambut beliau saat itu 500 orang Anshar. Mereka mengelilingi nabi dan Abu Bakar, kemudian berjalanlah mereka semuanya memasuki kota Madinah. Mereka berkata, datang nabiullah, datang naibullah sebagaimana disebutkan di dalam shoheh Al-Bukhari laki-laki dan juga wanita mereka naik ke atas rumah-rumah mereka untuk melihat rasulullah Shallallahu alaihi wassalam orang yang sangat mereka tunggu. Anak-anak kecil berpencar di jalan seraya mengatakan ya Muhammad, ya rasulullah, ya Muhammad ya rasulullah sebagaimana disebutkan di dalam shoheh muslim.

Berkata Al-Bara ibnu Azib "Aku tidak melihat penduduk Madinah bergembira, lebih dari kegembiraan mereka dengan kedatangan rasulullah Shallallahu alaihi wassalam" sebagaimana hal ini disebutkan di dalam Shoheh Al-Bukhari.

Adapun riwayat yang menyebutkan bahwa mereka menyambut nabi Shallallahu alaihi wassalam dengan Tolaal Badru Alaina, maka tidak ada di sana riwayat yang shoheh.

No comments:

Post a Comment