Wednesday, October 21, 2020

Halaqah 53 ~ Masyarakat Madinah Sebelum Hijrah

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.3 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 53 ~ Masyarakat Madinah Sebelum Hijrah

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 53 ~ Masyarakat Madinah Sebelum Hijrah

Yastrib adalah nama lama dari kota Madinah. Daerah yang subur dan banyak air, dikelilingi oleh Al harah dari empat arah mata angin. Al Harah adalah daerah yang berbatu hitam seperti terbakar. Al Harah di sebelah barat Madinah dinamakan Al Waghirah dan Al Harah di sebelah timur dinamakan Waqim. Gunung uhud di sebelah utara kota Madinah dan di sebelah barat dayanya Bukit Air. 

Yastrib ini adalah kota lama, diantara yang sudah lama tinggal di sana adalah orang-orang yahudi dan orang-orang arab dari suku Aus dan Khadraj. Adapun orang-orang yahudi maka mereka mulai berdatangan sejak abad pertama dan kedua masehi. Mereka meninggalkan Syam melarikan diri dari kekejaman orang-orang Romawi kemudian mereka membuat perkampungan di kota Madinah dan sekitarnya. Di sana ada tiga kabilah yahudi di kota Madinah.

1. Bani Nadhir 

2. Bani Quraidah

Dua kabilah ini tinggal di Harah Waqim yang merupakan daerah yang paling subur di kota Madinah

3. Bani Qionuqo

Jumlah pasukan perang tiga kabilah ini kurang lebi 2000 orang dan mereka orang-orang yahudi menguasai kota Madinah baik secara politik, ekonomi maupun pemikiran.

Adapun orang-orang Arab yang datang ke kota Madinah setelah orang-orang yahudi yaitu suku Aus dan Khadraj maka mereka terpaksa menempati tempat yang lain yang tidak ditinggali oleh orang yahudi dimana tempat tersebut adalah tempat yang kurang subur.

Orang-orang Aus dan Khadraj menisbahkan diri mereka ke suku Al Azd dari Yaman yang meninggalkan negeri Yaman semenjak kurang lebih tahun 207 Masehi. Ada yang mengatakan bahwa mereka hijrah dari Yaman karena runtuhnya bendungan Ma'rib dan terjadinya banjir besar. Suku Aus tinggal di samping bani Quraidah dan bani Nadhir di daerah Awali, daerah yang agak tinggi di kota Madinah. Dan Khadraj tinggal di samping bani Qoinuqo di sebuah daerah yang rendah di kota Madinah. Tempat tinggal Aus lebih subur daripada tempat tinggal Khadraj. Jumlah pasukan Aus dan Kahdraj semuanya kurang lebih 4000 orang. Karena jumlah yang banyak inilah orang-orang yahudi yang sudah tinggal sebelumnya di kota Madinah khawatir akan dikuasai oleh orang-orang Arab tersebut, maka mereka berusaha menyulut permusuhan dan peperangan diantara orang-orang Aus dan Kahdraj.

No comments:

Post a Comment