Friday, September 18, 2020

Halaqah 50 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 05 Dari 05

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 50 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 05 Dari 05

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 50 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 05 Dari 05

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar radiallahu anhu sangat berhati-hati ketika berbicara dengan manusia selama perjalanan hijrah. Abu Bakar radiallahu anhu setiap kali ditanya tentang Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam beliau mengatakan "laki-laki ini menunjukkan aku jalan" (H.R. Al-Bukhari)

Orang yang mendengar menyangka bahwa maksud beliau adalah orang yang mahir dan mengetahui jalan-jalan, padahal maksud beliau radiallahu anhu adalah yang menunjukkan jalan kebaikan. 

Dan telah Sohih bahwa beliau dan Abu Bakar mengambil jalan yang dekat dengan pantai bukan jalan yang biasa dilewati oleh manusia sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari.

Dan diantara kisah yang terjadi ketika hijrah adalah kisah hinggahnya Nabi Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar di kemah Abu Ma'bad. Berkata Abu Ma'bad "Demi Allah kami tidak punya kambing, kambing-kambing kami dalam keadaan bunting tidak memiliki susu" Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam berkata "Bagaimana dengan kambing yang itu?" Maka didatangkan kepada beliau dan beliau mendoakan dengan barokah dan diperaslah susunya kemudian mereka pun meminumnya. Berkata Abu Ma'bad "Apakah engkau adalah yang dikatakan oleh orang-orang Quraisy bahwa engkau keluar dari agama mereka?" Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menjawab "Sesungguhnya mereka telah mengatakan" Berkata Abu Ma'bad "Aku bersaksi bahwa apa yang engkau bawa adalah benar dan aku akan mengikutimu" Nabi berkata "Jangan, sampai engkau mendengar bahwa kami telah menang" Maka Abu Ma'bad pun mengikuti nabi Shallallahu alaihi wassalam setelah itu. (H.R. Al Bazzar dengan sanad yang hasan)

Diantara faedah yang bisa kita ambil dari hijrah ini 

1. Disyareatkannya hijrah dari negeri syirik menuju negeri tauhid untuk menyelamatkan agama dan akidah seseorang

2. Mengambil sebab keselamatan tidak bertentangan dengan beriman dengan takdir dan tawakal kepada Allah azawazal

No comments:

Post a Comment