Wednesday, September 16, 2020

Halaqah 48 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 03 Dari 05

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 48 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 03 Dari 05

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 48 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 03 Dari 05

Di dalam Musnad Ahmad rohimahullah dengan sanad yang hasan disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pergi dari rumahnya menuju gua. Ketika rumah beliau dikepung oleh orang-orang musyrikin yang ingin membunuh beliau Shallallahu alaihi wassalam. Maka Ali bin Abi Thalib radiallahu anhu memakai pakaian Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dan tidur di tempat tidur beliau. Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam melewati kepungan orang-orang musyrikin tanpa dilihat oleh orang-orang musyrikin tersebut, setelah berpesan kepada Ali supaya mengabarkan kepada Abu Bakar agar menyusulnya.

Ketika datang Abu Bakar, Ali mengabarkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pergi ke arah sumur maimun. Kaum musyrikin melempari Ali yang berselimut dan menyangka beliau adalah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam.

Di dalam mustadrok Al Hakim, disebutkan bahwa Abu Bakar As Sidik membawa 5000 atau 6000 dirham untuk keperluan hijrah nabi Shallallahu alaihi wassalam dan baliau.

Orang-orang musyrikin berusaha mencari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar sampai ke gunung Tsaur dan berada di mulut gua. Berkata Abu Bakar "Ya Rasulullah, seandainya salah seorang dari mereka melihat tempat kedua kakinya berpijak niscaya dia akan melihat kita" Maka Nabi Shallallahu alaihi wassalam berkata dengan tawakal dan keyakinan yang kuat "Wahai Abu Bakar, apa pendapatmu dengan dua orang yang ketiga adalah Allah" (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

Allah subhanahu wata'ala berfirman

 ุซَุงู†ِูŠَ ุงุซْู†َูŠْู†ِ ุฅِุฐْ ู‡ُู…َุง ูِูŠ ุงู„ْุบَุงุฑِ ุฅِุฐْ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ู„ِุตَุงุญِุจِู‡ِ ู„َุง ุชَุญْุฒَู†ْ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู…َุนَู†َุง

"Salah satu diantara dua orang ketika keduanya di dalam gua, ketika dia berkata kepada sahabatnya Janganlah engkau bersedih sesungguhnya Allah bersama kita" (Q.S. At Taubah : 40)

Orang-orang musyrikin telah mengumumkan adanya hadiah bagi orang yang membunuh keduanya atau menawannya sebagaimana di dalam soheh Al Bukhari dan setelah 3 hari sebagaimana telah dijanjikan sebelumnya datangalah Abdullah bin Quraiqith seorang penunjuk jalan yang mahir yang telah disewa di dalam hijrah ini dengan membawa dua unta yang telah diserahkan sebelumnya oleh Abu Bakar kepada Abdullah. Abdullah bin Uraqith adalah seorang musyrik dari bani Ad Dail. Kemudian keduanya naik unta dan berjalan Abdullah bin Uraiqith di depan keduanya.

No comments:

Post a Comment