Wednesday, September 9, 2020

Halaqah 43 ~ Bai'at Aqabah Petama

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 43 ~ Bai'at Aqabah Petama

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 43 ~ Bai'at Aqabah Petama

Baiat aqobah yang pertama terjadi setahun setelah pertemuan yang pertama dengan utusan orang-orang Khazraz. Datang 10 orang dari Khazraz diantaranya adalah Ubadah bin Asomit, As Ad bin Juroroh, Auf Ibnul Harist, Rafi' bin Malik dan lain-lain dan datang juga 2 orang dari Aus yaitu Abul Haitam dan Uaim bin Saidah. Ini menunjukkan bahwa utusan Kazraz yang masuk Islam mereka menyebarkan Islam diantara kaumnya disamping itu mereka juga menyebarkan Islam diantara orang-orang Aus dan ini adalah awal bersatunya dua kabilah di bawah bendera Islam.

Berkata Ubadah bin Asomit radiallahu anhu:

Aku termasuk yang menhadiri Aqobah yang pertama dan kami 12 orang maka kami membaiat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dengan baiat para wanita sebelum diwajibkan atas kami berperang, kami membaiat beliau untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, tidak mencuri, tidak berjinah, tidak membunuh anak-anak kami dan tidak mengada-ngadakan kedustaan di depan tangan-tangan kami dan kaki-kaki kami dan tidak memaksiati beliau di dalam kebaikan. Kalau kalian menyempurnakan baiat ini maka bagi kalian surga dan bila kalian melakukan sebagian dari maksiat-maksiat tadi maka urusan kalian kepada Allah, kalau Allah menghendaki Allah akan mengampuni dan kalau Allah menghendaki Allah akan mengazab.

Disebutkan oleh Ibnu Hisyam di dalam sirohnya dengan sanad yang sohih

Maksud isi baiat mereka seperti baiat wanita adalah baiat wanita yang disebutkan oleh Allah di dalam surat Al-Mumtahanah ayat ke-12, tidak ada di dalamnya baiat untuk berperang, dan baiat wanita ini terjadi setelah perjanjian hudaibiah yang terjadi pada tahun ke 6 hijriah. Kemudian yang dimaksud tidak mengada-ngadakan kedustaan di depan tangan-tangan kami dan kaki-kaki kami adalah tidak berdusta baik yang berkaitan dengan diri mereka maupun istri-istri mereka.

Setelah selesai baiat aqobah yang pertama dan pualgn orang-orang Anshor ke kota Madinah maka Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam mengutus bersama mereka Mus'ad bin Umair radiallahu anhu untuk mengajarkan kepada mereka Al-Quran, mengajarkan kepada mereka agama Islam. Maka Mus'ad radiallahuanhu melakukan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan tersebar Islam di kota Madinah dan masuk Islam dengan sebab beliau Usiad bin Hudzair dan Sa'ad bin Muaz radiallahu anhum. Kemudian beliau kembali ke kota Mekah sebelum terjadinya baiat aqobah yang ke-2.

No comments:

Post a Comment