Monday, September 14, 2020

Halaqah 46 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 01 Dari 05

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 46 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 01 Dari 05

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 46 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 01 Dari 05

Dalil-dalil menunjukkan bahwa dipilihnya madinah sebagai tempat hijrah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam adalah dengan wahyu dari Allah. Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda:

....

"Aku melihat di dalam mimpi bahwa aku berhijrah dari Mekah ke sebuah daerah yang memiliki banyak pohon kurma maka aku menyangka bahwa tempat itu adalah Al Yamamah atau Hajar ternyata dia adalah Al Madinah yaitu Yatsrib" (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

Dan beliau Shallallahu alaihi wassalam bersabda:

inni uritu daro hijrotikum dzata nakhlin baina labaitaini

"Aku diperlihatkan di dalam mimpi negeri hijrah kalian diantara dua labah" (H.R. Al Bukhari)

Labah adalah daerah yang berbatu hitam, negeri diantara dua labah adalah Al Madinah.

Abu Salamah bin Abul Asad adalah orang yang pertama kali hijrah dari Mekah ke kota Al Madinah setelah dia pulang dari Habasyah. Berkata Ummu Salamah "Sesungguhnya Abu Salamah adalah orang yang pertama kali hijrah kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam" (H.R. Muslim sohih)

Mus'ad bin Umair dan Ibnu Umi Maktum adalah termasuk orang-orang yang pertama berhijrah. Keduanya mengajari manusia Al-Quran. Kemudian berdatangan setelah mereka kaum Muhajirin seperti Bilal bin Rabah, Saad bin Abi Waqosh, Ammar bin Yasir, Umar Ibnu Khatab bersama 20 orang Shabat (H.R. Al Bukhari)

Orang-orang Quraisy berusaha dengan segala cara untuk mencegah dan menghalangi hijrah mereka ke kota Madinah dan membuat kegaduhan di depan orang-orang Muhajirin. Terkadang dengan melarang membawa harta mereka, terkadang dengan melarang membawa istri dan anak-anak mereka seperti kisah Abu Salamah dan terkadang dengan usaha mengambalikan mereka ke Mekah seperti yang terjadi pada Ayash bin Abi Robi'ah. Namun semua itu tidak menghentikan gerakan hijrah ini karena orang-orang muhajirin sudah sangat siap untuk meninggalkan harta, keluarga dan dunia mereka demi menyelamatkan aqidah dan agama mereka. Dan kaum muhajirin banyak yang singgah ke Quba sebelum datangnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam.

No comments:

Post a Comment