Wednesday, September 2, 2020

Halaqah 38 ~ Meninggalnya Abi Thālib Dan Khadijah

 📘 Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

🔊  Halaqah 38 ~ Meninggalnya Abi Thālib Dan Khadijah

👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 38 ~ Meninggalnya Abi Thālib Dan Khadijah

Setelah banu Hasyim terlepas dari pemboykotan Quraisy, maka pada tahun ke-10 dari kenabian, paman beliau Abu Thalib yang bernama Abdul Manaf meninggal dunia setelah sebelumnya membela nabi Shallallahu alaihi wassalam, marah karena beliau dan menolong beliau Shallallahu alaihi wassalam. Bersamaan dengan itu, orang-orang Quraisy sangat menghormati beliau. 

Di dalam shohih Al-Bukhari disebutkan bahwa ketika Abu Thalib akan wafat, datanglah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menjenguk beliau dan disamping Abu Thalib ada Abu Jahl dan Abdullah bin Abi Umayah (dua tokoh musyrikin). Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam berkata "Wahai pamanku katakanlah Lailaha Ilallah sebuah kalimat yang aku akan membelamu di sisi Allah" Berkata Abu Jahl dan Abdullah bin Abi Umayah "Apakah engkau membenci agama Abdul Muthalib?" Maka Nabi pun Shallallahu alaihi wassalam menbgulangi lagi ucapan beliau dan dua orang musyrikin juga mengulangi ucapannya, sehingga ucapan terakhir Abu Thalib bahwa dia tetap berada di atas agama Abdul Muthalib dan dia tidak mengucapkan Lailaha Ilallah. Kemudian Nabi Shallallahu alaihi wassalam berkata "Aku akan memohonkan ampun untukmu selama aku tidak dilarang" maka turunlah firman Allah azawazal

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ

"Tidak boleh bagi seorang nabi dan orang-orang yang beriman untuk memohonkan ampun bagi orang-orang Musyrikin" (Q.S. At Taubah "113)

Dan Allah menurunkan ayat tentang Abu Thalib 

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

"Sesungguhnya engkau tidak memberikan hidayah kepada orang yang engkau cintai akan tetapi Allah memberikan hidayah kepada siapa yang dikehendaki dan Dia lebih tahu siapa orang yang mendapatkan petunjuk" (Q.S. Al-Qoshos : 56)

Diantara sebab Abu Thalib menolak islam yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam adalah fanatik terhadap agama pendahulu, takut dicela kaumnya, dan keyakinan-keyakinan jahiliyah yang sudah membekas di dialam dirinya dan susah untuk dirubah. Dmeikian pula kerena pengaruh teman-teman yang jelek.

Setelah meninggalnya Abu Thalib tentunya Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam kehilangan orang yang selama ini banyak membantu beliau dan melindungi beliau, di tahun yang sama yaitu 3 tahun sebelum beliau hijrah meninggalah istri beliau yang tercinta Khadijah bintu Khualid sebagaimana di dalam shahih Al-Bukhari. Istri yang sudah sangat banyak berjasa kepada beliau, membantu beliau dengan fisiknya maupun dengan hartanya.

No comments:

Post a Comment