Thursday, September 17, 2020

Halaqah 49 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 04 Dari 05

 ๐Ÿ“˜ Silsilah Ilmiyyah 10.2 Sirah Nabawiyyah

๐Ÿ”Š  Halaqah 49 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 04 Dari 05

๐Ÿ‘ค Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah washolatu wasalamu 'ala rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi ajmain

Halaqah 49 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 04 Dari 05

Nabi Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar As Sidik radiallahu anhu meninggalkan gua di malam hari, berjalan ke kota Madinah dalam keadaan dicari oleh orang-orang musyrikin yang mereka ingin mendapatkan hadiah 100 unta bagi yang membunuh beliau Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar atau menawan keduanya.

Suroqoh bin Malik menceritakan bahwa ketika dia duduk bersama kaumnya, tiba-tiba ada seseorang yang datang mengabarkan bahwa dia melihat 3 orang baru saja lewat, dia menyangka mereka ini adalah Muhammad dan sahabatnya. Suroqoh segera mengisyaratkan kepada orang tersebut untuk diam kemudian surohoh mempersiapkan diri dan mengambil kuda serta senjatanya dan segera menyusul Muhammad dan Abu Bakar As Sidik untuk mendapatkan hadiah 100 ekor unta. Setelah beberapa kali terjatuh dari kudanya, dia tetap melanjutkan perjalanan untuk mengejar Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar. Dan ketika melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dan Abu Bakar, tiba-tiba kedua kaki depan kuda tersebut tenggelam ke bumi dan terjatuhlah Suroqoh dari kudanya kemudian dia menyadari bahwa dia tidak akan bisa mengganggu Muhammad Shallallahu alaihi wassalam. Dia pun memanggil dan mengatakan "Saya Suroqoh bin Ju'sum, tunggulah aku, aku ingin berbicara, demi Allah kalian tidak perlu ragu dan aku tidak akan melakukan apa yang kalian benci" Setelah disuruh oleh nabi Shallallahu alaihi wassalam maka Abu Bakar berkata kepada Suroqoh "Apa yang engkau inginkan" Suroqoh berkata "Tulislah sebuah tulisan sebagai tanda antara diriku dan dirimu" Setelah ditulis oleh Abu Bakar maka Suroqoh menyimpannya di tempat anak panahnya kemudian kembali dan tidak membeberkan kejadian ini kepada siapapun.

Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Hisyam di dalam sirohnya dengan sanad yang shohih

Disebutkan di dalam shohih Al-Bukhari bahwa ketika Suroqoh mendekat, Nabi Shallallahu alaihi wassalam tidak menoleh sedikit pun yang banyak menoleh adalah Abu Bakar As Sidik khawatir dengan keselamatan Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. Dan dalam Shohih Bukhari juga disebutkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wassalam mendoakan kejelekan untuk kuda tersebut.

No comments:

Post a Comment