Friday, February 1, 2019

Halaqah 10 ~ Beriman Dengan Sifat-Sifat Ahlak Para Malaikat Bagian 01

BERIMAN DENGAN SIFAT-SIFAT AHLAK PARA MALAIKAT BAGIAN 01
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang kesepuluh dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Sifat-Sifat Ahlak Para Malaikat Bagian 01

Diantara beriman dengan malaikat Allah adalah beriman dengan sifat-sifat akhlaq mereka, diantaranya mereka memiliki sifat :

1. Al Karom dan Al Bir

Malaikat memiliki sifat Al Karom artinya memiliki akhlaq yang mulia lagi terpuji dan mereka memiliki sfiat Al Bir yang artinya banyak berbuat baik kepada orang lain. Allah subhanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Al Quran ditulis dengan tangan-tangan malaikat yang mulia akhlaqnya lagi banyak berbuat baik" (Q.S. Abasa 15-16)

Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:


LAFAZ

"Orang yang mahir dalam membaca al quran maka dia bersama malaikat yang mulia akhlaqnya lagi banyak berbuat baik" (H.R. Bukhori dan Muslim)

a. Malaikat banyak mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang beriman

Dan diantara kebaikan malaikat bahwasannya mereka banyak mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang beriman, Allah berfirman:

LAFAZ

"Dialah Allah yang memuji kalian dan demikian malaikatnya mendoakan kebaikan untuk kalian supaya dia mengeluarkan kalian dari kegelapan-kegelapan menuju cahaya dan dia Allah sangat sayang kepada orang-orang yang beriman" (Q.S. Al Ahzab : 43)

Demikian pula firman Allah aza wa zal:

LAFAZ

"Dan malaikat-malaikat yang memikul Arasy dan malaikat-malaikat yang berada di sekitar Arasy bertasbih dengan memuji Rob mereka dan beriman dengan Allah dan memohonkan ampun untuk orang-orang yang beriman mereka berkata wahai Rob kami sungguh rahmat dan ilmuMu meliputi segala sesuatu maka ampunilah dosa bagi orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalanmu dan jagalah mereka dari adzab neraka wahai Rob kami dan masukanlah mereka ke dalam surga adn yang telah angkau janjikan bagi merkea dan orang-orang yang sholeh diantara bapak-bapak mereka istri-istri mereka dan keturunan mereka, sesungguhnya Engkau maha perkasa lagi maha bijaksana dan jagalah mereka dari kejelekan-kejelekan dan barang siapa yang engkau jaga pada hari itu dari kejelekan maka sungguh Engkau telah merahmatinya itulah keberuntungan yang besar" (Q.S. Gofir 7-9)

b. Syafaat malaikat untuk orang-orang yang bertauhid

Dan diantara kebaikan mereka adalah syafaat mereka untuk orang-orang yang bertauhid. Allah subhanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Allah subhanahu wa taála mengetahui amalan mereka yaitu para malaikat yang sudah berlalu maupun yang akan datang dan mereka tidak memberikan syafaat kecuali bagi orang yang Allah ridoi dan mereka takut kepada Allah" (Q.S. Al Ambiya : 28)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 10 ~ Beriman Dengan Sifat-Sifat Ahlak Para Malaikat Bagian 01
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment