Friday, February 15, 2019

Halaqah 20 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 09

BERIMAN DENGAN AMALAN-AMALAN MALAIKAT BAGIAN 09
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa ashbihi azmain

Halaqah yang duapuluh dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 09

7. Menjaga kota Mekah dan Madinah

Mekah dan Madinah adalah dua kota yang dimuliakan Allah. Mekah di dalamnya ada Baitullah dan Madinah adalah tempat hijrah nabi salallahu álaihi wa salam tempat kuburan beliau dan disanalah beliau akan dibangkitkan dan keutamaan dua kota ini sangat banyak.

Diantara malaikat Allah ada yang ditugaskan menjaga kota Mekah dan Madinah dari Dajal. Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda

LAFAZ

"Tidak ada sebuah negeri kecuali akan diinjak oleh Dajal kecuali Mekah dan Madinah, tidak ada jalan di kota Madinah kecuali ada malaikat-malaikat yang berbaris menjaganya kemudian goncanglah kota madinah dengan penduduknya dengan tiga kali goncangan maka Allah mengeluarkan darinya setiap orang kafir dan munafiq" (H.R. Bukhari dan Muslim)


Di dalam hadits yang lain, beliau salallahu álaihi wa salam bersabda

LAFAZ

"Di seluruh jalan-jalan Madinah ada malaikat-malaikat, Madinah tidak akan dimasuki wabah penyakit dan Dajal" (H.R. Bukhari dan Muslim)

8 Manaungi Negeri Syam

Negeri syam adalah negeri yang Allah berkahi disana ada Masjidil Aqsha salah satu masjid yang kita dianjurkan untuk kesana dalam merangka ibadah. Masjidil Aqsha adalah tempat nabi salallahu álaihi wasalam berIsra dan dari sanalah beliau di Mi'raz kanke langit, Allah telah menugaskan sebagian malaikat untuk membentangkan sebagian sayapnya di sana

Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda

LAFAZ

"Keberuntungan bagi negeri Syam, maka para sahabat radiallahu anhum berkata, mengapa yang demikian wahai Rasulullah, maka beliau salallahu álaihi wasalam berkata karena malaikat-malaikat ar rahman membentangkan sayap mereka atas negeri Syam" (H.R. At Tirmizi, Sohih)

Demikianlah sebagian tugas malaikat yang berkaitan dengan alam semesta, Allah lah yang memerintahkan malaikat mengijinkan mereka dan menghendaki sedangkan malaikat yang melaksanakandan mengatur langsung dengan perintah, izin dan kehendak Allah.

Apa yang mereka lakukan tidak keluar dari perintah Allah, Allah berfirman

LAFAZ

"Mereka tidak memaksiati Allah di dalam apa yang Allah perintahkan dan mereka mengerjakan apa yang diperintahkan" (Q.S. At Tahrim : 6)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 20 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 09
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment