Wednesday, February 13, 2019

Halaqah 18 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 07

BERIMAN DENGAN AMALAN-AMALAN MALAIKAT BAGIAN 07
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa ashbihi azmain

Halaqah yang delapanbelas dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 07

Diantara amalan malaikat yang kita diperintahkan untuk mengimaninya adalah amalan mereka yang berkaitan dengan alam semesta.

Allah adalah dzat yang tidak butuh kepada makhluq namun Allah ingin menunjukkan kebesarannya kepada kita. Allah telah menugaskan para malaikat untuk mengatur alam semesta dengan perintah Allah, izin Allah dan kehendak Allah. Allah berfirman

LAFAZ

"Maka demi malaikat yang mangatur perkara" (Q.S. An Naziat : 5)

Diantara amalan malaikat dan tugas mereka yang berkaitan dengan alam semesta


1. Memikul Arasy

Malaikat yang memikul Arasy di hari kiamat ada 8 sedangkan di dunia tidak ada dalil yang menerangkan jumlah mereka. Allah berfirman

LAFAZ

"Dan para malaikat di pinggir-pinggir langit dan pada hari itu 8 malaikat memikul Arasy rab mu" (Q.S. Al Haqoh : 17)

Dan Allah berfirman:

LAFAZ

"Dan malaikat-malaikat yang memikul Arasy dan malaikat-malaikat yang di sekitar Arasy bertasbih dengan memuji rab mereka dan beriman dengan Allah dan memohonkan ampun untuk orang-orang yang beriman" (Q.S. ...)

2. Menjaga Surga

Allah berfiman

LAFAZ

"Dan digiring orang-orang yang bertaqwa ke dalam surga secara berkelompok-berkelompok sehingga ketika mereka mendatangi surga dan dibuka pintu-pintunya dan berkata para penjaganya keselamatan atas kalian, kalian telah baik maka masuklah ke dalam surga selama-lamanya" (Q.S. Az Zumar : 73)

Dan Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda

LAFAZ

"Aku mendatangi pitu surga pada hari kiamat kemudian aku meminta dibukakan maka berkatalah penjaga surga siapakah kamu kemudian aku menjawab Muhammad kemudian dia berkata denganmulah aku diperintah aku tidak membukanya untuk seorangpun sebelummu" (H.R. Muslim)

Dan diantara tugas malaikat yang berkaitan dengan alam semesta adalah

3. Menjaga Neraka

Jumlah penjaga neraka ada 19 sebagaimana firman Allah

LAFAZ


"Di dalam neraka ada 19 yaitu penjaga " (Q.S. Al Mudatsir : 3)

Para ulama berselisih tentang makna 19 ada yang mengatakan 19 malaikat tersebut adalah para pembesar penjaga neraka dan bersama mereka malaikat-malaikat yang lain yang jumlahnya sangat banyak dan ada diantara para ulama yang mengatakan bahwa mereka 19 malaikat saja. Dan ini yang difahami dari keterangan Ibnu Katsir dan juga Syech Abdurahman As Sa'di di dalam Tafsirnya.

Diantara mereka adalah malaikat malik. Di dalam sebuah hadits ketika Rosulullah salallahu álaihi wa salam Isro dan juga Mi'roz dikatakan kepada beliau

LAFAZ

"Dan adapun yang sangat buruk rupanya yang berada di neraka menghidupkan api dan berjalan di sekitarnya maka dia adalah malik penjaga neraka" (H.R. Bukhari)

Penyebutan jumlah penjaga neraka ini adalah ujian, kita harus beriman dengan jumlah 19 tersebut, harus yakin dan tidak boleh ragu-ragu. Allah subhanahu wa taála berfirman

LAFAZ

"Dan tidaklah kami jadikan para penjaga neraka kecuali para malaikat-malaikat dan tidaklah kami jadikan jumlah tersebut kecuali sebagai ujian bagi orang-orang yang kafir dan supaya yakin orang-orang ahlul kitab dan bertambah keimanan orang-orang yang beriman dan tidak ragu orang-orang ahlul kitab dan orang-orang yang beriman dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang yang kafir berkata apa yang Allah inginkan dari permisalan ini. Demikianlah Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki dan memberikan hidayah kepada yang dikehendaki dan tidak mengetahui jumlah pasukan rab mu kecuali Dia dan tidaklan ini kecuali peringatan bagi manusia" (Q.S. Al Mudatsir : 31)

Merekalah yang kelak akan menyambut penduduk neraka dan mencela mereka. Allah berfirman

LAFAZ

"Dan akan digiring orang kafir ke dalam jahanam berkelompok-berkelompok sehingga apabila mereka mendatanginya dibukalah pintu-pintu jahanam dan berkatalah para penjaga neraka kepada mereka bukankah telah datang kepada kalian rosul-rosul dari kalangan kalian yang membacakan atas kalian ayat-ayat rab kalian dan memperingatkan kalian dengan pertemuan hari kalian ini mereka menjawan Iya akan tetapi telah tetap kalimat adzab bagi orang-orang yang kafir, dikatakan kepada mereka masuklah kalian ke dalam pintu-pintu jahanam dalam keadaan kekal di dalamnya maka jahanam adalah sejelek-jelek tempat kembali bagi orang-orang yang sombong" (Q.S. Az Zumar : 71-72)

Merekalah yang kelak akan mengazab para penduduk neraka, Allah berfirman kepada mereka

LAFAZ

"Allah berkata tangkaplah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya kemudian masukanlan dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala kemudian ikatlah dia dengan rantai yang panjangnya 70 hasta" (Q.S. Al Haqah : 30-32)

Telah berlalu bahwa malaikat penjaga neraka adalah malaikat yang keras hati dan kuat badannya kelak para penduduk neraka akan meminta kepada penjaga neraka supaya penjaga neraka memohon kepada Allah meringankan azab bagi mereka. Allah subhanahu wa taála berfirman

LAFAZ

"Dan berkata para penduduk neraka kepada para penjaga jahanam hendaklah kalian meminta kepada rab kalian supaya meringankan bagi kami satu hari dari azab ini, para penjaga mengatakan bukankah telah datang kepada kalian rosul-rosul kalian dengan bukti-bukti yang nyata mereka mengatakan Iya maka berkata para malaikat penjaga maka hendaklah kalian berdoa sendiri dan tidaklah doa orang-orang yang kafir kecuali dalam kesia-siaan" (Q.S. Gofir : 49 - 50)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 18 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 07
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment