Thursday, February 21, 2019

Halaqah 24 ~ Beberapa Penyimpangan Dalam Hal Iman Dengan Malaikat-Malaikat Allah dan Penjelasan Tentang Beberapa Hak Malaikat

BEBERAPA PENYIMPANGAN BERIMAN KEPADA MALAIKAT
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang duapuluhempat dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah  tentang Beberapa Penyimpangan Dalam Hal Iman Dengan Malaikat-Malaikat Allah dan Penjelasan Tentang Beberapa Hak Malaikat

Diantara penyimpangan dalam hal iman dengan malaikat-malaikat Allah:

1. Mengingkari Keberadaan Malaikat
2. Mengingkari Sebagian Malaikat dan Amalannya
3. Menyamakan antara Jin dan Malaikat
4. Menyembah Para Malaikat

Di dalam Al Quran, Allah subahanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Dan hari dimana Allah mengumpulkan mereka semuanya kemudian Allah berkata kepada para malaikat, apakah dahulu mereka menyembah kalian? Para malaikat berkata, maha suci engkau, engkaulah wali kami selain mereka, akan tetapi mereka dahulu menyembah jin, sebagian besar mereka beriman dengan jin-jin tersebut" (Q.S. Saba : 40-41)



5. Memusuhi Mereka (Malaikat)

Allah subahanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Barangsiapa yang memusuhi Allah, malaikat-malaikatnya, rosul-rosulnya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh bagi orang-orang yang kafir" (Q.S. Al baqoroh : 98)

6. Meyakini Malaikat Berjenis Kelamin Wanita dan Malaikat Adalah Anak Wanita Allah

Allah subahanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Maka tanyakanlah kepada mereka apakah anak-anak wanita itu untuk tuhanmu sedangkan untuk mereka anak-anak kali-laki atau apakah kami menciptakan malaikat-malaikat dengan jenis kelamin wanita sedangkan mereka menyaksikan?" (Q.S. As Shofat : 149-150)

Adapun hak malaikat atas kita yang harus kita lakukan maka diantaranya adalah:
  1. Mewujudkan beriman dengan 4 poin yang sudah kita sampaikan, 
  2. Mencintai mereka dan menghormati mereka karena Allah karena mereka adalah hamba-hamba Allah yang dimuliakan yang tidak memaksiati Allah. 
  3. Tidak mengejek dan menghina mereka atau menajdikan mereka sebagai bahan bercanda karena hal ini bisa mengeluarkan seseorang dari Islam. 
  4. Menghindari apa yang dibenci malaikat seperti gambar dan patung makhluq yang bernyawa dan memelihara anjing di rumah.
Rasulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:

LAFAZ

"Malaikat tidak memasuki sebuah rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar" (H.R. Bukhori dan Muslim)

Dan diantara yang dibenci malaikat adalah
1. memakan makanan yang membuat bau mulut tidak sedap seperti bawang merah dan bawang putih dalam keadaan mentah. Di dalam sebuah hadits Jabir raduallahu anhu berkata:

LAFAZ

"Rosulullah salallahu álaihi wasalam melarang dari memakan bawang merah dan kurots yaitu bawang bakung maka suatu saat kami sangat butuh dan kami pun makan darinya kemudian nabi salallahu álaihi wasalam berkata barang siapa yang memakan dari tanaman yang berbau ini maka janganlah dia mendekati masjid kami karena sesungguhnya malaikat merasa terganggu dengan apa yang merasa terganggu dengannya manusia" (H.R. Bukhori dan Muslim)

2. Demekian pula dihindari meludah ke kanan ketika shalat maupun di luar shalat. Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam bersabda:

LAFAZ

"Apabila salah seorang diantara kalian berdiri untuk shalat maka janganlah meludah kedepan karena sesungguhnya dia sedang menghadap Allah selama masih di tempat shalatnya dan jangan pula meludah ke kanan karena di sebelah kanan ada malaikat dan hendaklah meludah ke kiri atau ke bawah kakinya kemudian memendamnya" (H.R. Bukhori dan Muslim)

Maksud dari meludah ke kiri atau ke bawah kakinya disini adalah apabila diluar masjid dan maksud memendamnya apabila lantai masjid berupa tanah

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 24 ~ Beberapa Penyimpangan Dalam Hal Iman Dengan Malaikat-Malaikat Allah dan Penjelasan Tentang Beberapa Hak Malaikat
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment