Friday, February 8, 2019

Halaqah 15 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 04

BERIMAN DENGAN AMALAN-AMALAN MALAIKAT BAGIAN 04
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang limabelas dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 04

Selain mendoakan dengan kebaikan malaikat juga mendoakan kejelekan bagi orang-orang tertentu dengan perintah dari Allah, mereka mendoakan laknat bagi orang yang meninggal dalam keadaan kafir. Allah berfirman:

LAFAZ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati dalam keadaan kafir atas mereka laknat Allah, para malaikat dan manusia semuanya" (Q.S. Al Baqoroh : 161)

Mereka mendoakan laknat bagi orang yang membuat bidah di kota madinah atau melindunginya. Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda :


LAFAZ

"Madinah adalah tanah haram dari sini ke sini tidak dipotong pohonnya dan tidak boleh membuat bidah di dalamnya, barangsiapa yang membuat bidah di dalamnya maka atasnya laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia" (H.R. Bukhori dan Muslim)

Di dalam sohih muslim dari Abu Khurairoh radiallahu anhu Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda :

LAFAZ

"Maka barang siapa yang membuat bidah di dalamnya atau melindungi orang yang membuat bidah maka atasnya laknat Allah, malaikat dan seluruh manusia" (H.R. Muslim)

Mereka mendoakan laknat atas orang yang mencela para sahabat nabi salallahu álaihi wa salam, Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda :

LAFAZ

"Barangsiapa yang mencela para sahabatku maka atasnya laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia" (H.R. At Tabrani di dalam Al Mu'jamul Kabir, Sohih)

Malaikat mendoakan laknat bagi orang yang mengacungkan senjata kepada saudaranya seislam, Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda :

LAFAZ

"Barangsiapa yang mengacungkan senjata kepada saudaranya maka para malaikat melaknatnya sampai meskipun orang tersebut adalah saudaranya sebapa dan seibu" (H.R. Muslim)

Malaikat melaknat wanita yang enggan memenuhi hajat suaminya, Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda :

LAFAZ

"Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur kemudian istrinya enggan kemudian suaminya bermalam dalam keadaan marah, maka malaikat melaknat istri tersebut sampai pagi" (H.R. Bukhori dan Muslim)

Yang dimaksud laknat malaikat di dalam dalil-dalil di atas adalah doa malaikat kepada Allah supaya Allah menjauhkan orang tersebut dari rahmat Allah

Dan telah berlalu doa jelek malaikat atas orang yang menahan dari berinfaq yaitu menahan berinfaq yang diwajibkan atasnya.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah


📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 15 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 04
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment