Monday, February 18, 2019

Halaqah 21 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 10

BERIMAN DENGAN AMALAN-AMALAN MALAIKAT BAGIAN 10
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang duapuluhsatu dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 10

Diantara amalan malaikat yang kita diperintahkan untuk beriman dengannya adalah amalan mereka yang berkaitan dengan manusia, mulai dari awal penciptaan manusia di dalam perut ibunya, penulisan takdir, penulisan ucapan, dan perbuatan dia selama di dunia, pencabutan ruh dan seterusnya.

Diantara amalan malaikat dan tugas mereka yang berkaitan dengan manusia

1. Perantara antara Allah dan antara hamba-hambanya dari kalangan manusia

Diantara malaikat ada yang Allah berikan tugas menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rosul, ada diantara wahyu yang langsung diberikan oleh Allah kepada seorang nabi dan ada diantaranya yang melalui malaikat. Allah berfirman:

LAFAZ



"Dan tidaklah Allah berbicara kepada manusia kecuali wahyu yang diwahyukan secara langsung atau berbicara kepadanya dari balik hijab atau Allah mengutus seorang malaikat utusan kemudian malaikat tersebut mewahyukan dengan izin Allah apa yang Allah kehendaki sesungguhnya dia maha tinggi lagi maha bijaksana" (Q.S. As Syuro : 51)

Jibril adalah yang paling sering melaksanakan tugas ini. Allah subhanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Katakanlah barang siapa yang menjadi musuh bagi Jibril maka sesungguhnya dia telah menurunkan Al-Quran atas hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa yang sebelumnya petunjuk dan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman" (Q.S. Al Baqoroh : 97)

Dan terkadang selain Jibril juga turun membawa wahyu sebagaimana ucapan Abdullah ibnu Abbas radiallahu anhuma

LAFAZ

"Ketika Jibril duduk bersama nabi salallahu álaihi wa salam tiba-tiba Jibril mendengar suara dari langit, kemudian beliau mengangkat kepalanya seraya berkata ini adalah pintu di langit dibuka hari ini belum pernah dibuka sebelumnya kecuali hari ini, maka turunlah dari pintu tersebut seorang malaikat kemudian Jibril berkata ini adalah malaikat turun ke bumi dia belum pernah turun sebelumnya kecuali hari ini, kemudian malaikat tersebut mengucapkan salam dan berkata kepada nabi salallahu álaihi wasalam bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu fatihatul kitab yaitu Al Fatihah dan ayat-ayat terakhir surat Al Baqoroh, tidaklah engkau membaca satu huruf dari keduanya kecuali engkau akan diberi" (H.R. Muslim)

2. Menulis amal kebaikan dan kejelekan manusia

Allah berfirman:

LAFAZ

"Dan sesungguhnya atas kalian ada malaikat-malaikat penjaga yang mulia lagi menulis" (Q.S. Al Infitor : 10-11)

Jumlahnya ada dua malaikat kiri dan kanan untuk setiap manusia. Allah berfirman

LAFAZ

"Ketika dua malaikat menulis di kanan dan di kiri senantiasa bersamanya tidaklah ada ucapan kecuali ada malaikat yang menagawasi yang ditugaskan untuk itu" (Q.S. Qaf : 17 - 18)

Mereka bertugas mencatat semua amalan manusia. Allah berfirman:

LAFAZ

"Dan diletakanlah kitab catatan maka engkau akan melihat orang-orang yang berbuat maksiat takut dengan apa yang ada di dalamnya dan mereka berkata celaka kami kitab ini tidak meninggalkan amalan yang kecil maupun yang besar kecuali ditulisnya dan mereka mendapatkan apa yang mereka amalkan hadir di depannya dan rabmu tidak mendolimi seorang pun" (Q.S. Al Kahfi : 49)

Sampai niat dan kehendak yang ada di dalam hati pun mereka tulis. Rasulullah salallahu álaihi wasalam bersabda

LAFAZ

"Allah azawazala berkata apabila hambaku berkehendak untuk melakukan kejelekan maka janganlah kalian tulis kemudian apabila dia melakukan kejelakan tersebut maka tulislah satu kejelekan dan apabila dia berkehendak untuk berbuat baik kemudian tidak mengamalkannya maka tulislah satu kebaikan kemudian apabila dia mengamalkanya maka tulislah sepuluh kebaikan" (H.R. Muslim)

Hikmah dari pencatatan ini adalah menunjukan keadilah Allah dan bahwasannya Allah tidak mendolimi manusia dalam ketaatan yang dia lakukan dan kemaksiatan yang dia kerjakan

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 21 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 10
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment