Wednesday, February 20, 2019

Halaqah 23 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 12

BERIMAN DENGAN AMALAN-AMALAN MALAIKAT BAGIAN 12
klik link audio

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala rosulillah, wa 'ala alihi wa sohbihi azmain

Halaqah yang duapuluhtiga dari silsilah ilmiah Beriman dengan Malaikat-Malaikat Allah adalah Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 12

Diantara amalan malaikat dan tugas mereka yang berkaitan dengan manusia

7. Menghadiri Majelis Dzikir dan Majelis Ilmu

Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:

LAFAZ

"Dan tidaklah berkumpul sebuah kaum di rumah diantara rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya diantara mereka kecuali akan turun atas mereka ketenangan, akan menyelimuti mereka rahmat, menaungi mereka malaiakt-malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisinya" (H.R. Muslim)

Dan terlah berlalu dalil yang lain pada halaqah ke 16.


8. Mencatat Orang-Orang yang Hadir Shalat Jumat

Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:

LAFAZ

"Apabila datang hari jumat berdiri para malaikat di pintu masjid menulis siapa yang pertama datang dan yang selanjutnya dan permisalan orang yang berpagi-pagi datang seperti orang yang menyembelih hadyu berupa unta, kemudian yang selanjutnya seperti orang yang menyembelih hadyu berupa sapi, kemudian yang selanjutnya seperti orang yang menyembelih hadyu berupa kambing, kemudian yang selanjutnya seperti orang yang menyembelih hadyu berupa ayam, kemudian yang selanjutnya seperti orang yang membayar hadyu berupa telur, kemudian apabila keluar imam, malaikat-malaikat tersebut melipat lembaran-lembaran catatan dan mendengarkan dzikir" (H.R. Bukhori)

Yang dimaksud dengan hadyu adalah sesuatu yang dikirim ke tahan haram di kota mekah dalam rangka beribadah kepada Allah. Ada diantaranya yang hukumnya wajib dan ada diantaranya yang hukumnya sunnah.

9. Mencabut Nyawa Manusia

Allah subhanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Katakanlah akan mewafatkan kalian malaikat maut yang telah ditugaskan kepada kalian kemudian kalian akan dikembalikan kepada rab kalian" (Q.S. As Sajdah : 11)

Di dalam hadits Baro Ibn Azib yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, Nasai dan haditsnya sohih, Malaikat maut akan dibantu oleh malaikat-malaikat yang lain setelah malaikat maut mengeluarkan nyawa dari badan maka langsung diterima oleh malaikat-malaikat lain yang bertugas membawanya ke atas. Ada diantara manusia tersebut yang baik dan sholeh dan dibawa oleh malaikat-malaikat rahmat dan ada yang mendholimi dirinya sendiri maka dibawa oleh malaikat-malaikat adzab. Dan Allah subhanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Orang-orang yang diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan mendholimi diri mereka sendiri" (An Nahl : 28)

Dan Allah subhanahu wa taála berfirman:

LAFAZ

"Orang-orang yang diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan mereka baik" (Q.S. An Nahl : 32)

10. Menanyai Manusia di Alam Kubur, Memberi Nikmat Kubur dan Adzab Kubur

Rosulullah salallahu álaihi wa salam bersabda:

LAFAZ

"Seorang hamba apabila diletakan di kuburnya ditinggalkan dan pergi para sahabatnya sampai-sampai dia mendengar suara sandal mereka maka datanglah dua malaikat dan mendudukannya kemudian berkata Apa yang engkau katakan tentang laki-laki ini, Muhammad salallahu álaihi wasalam, dia berkata aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan rosulNya, maka dikatakan kepadanya lihat tempatmu di neraka sungguh Allah telah menggantikannya untukmu sebuah tempat di surga. Berkata nabi salallahu álaihi wasalam maka orang tersebut melihat kedua tempat tersebut semuanya dan adapun orang yang kafir atau munafiq maka dia berkata, aku tidak tahu aku dahulu mengatakan apa yang dikatakan manusia maka dikatakan kepadanya kamu tidak tahu dan tidak mengikuti kemudian dipukul dengan palu dari besi dengan sebuah pukulan diantara dua telinganya maka maka dia berteriak dengan sebuah teriakan yang didengar oleh apa yang ada disekitarnya kecuali jin dan manusia" (H.R. Bukhori dan Muslim)

11. Berperang Bersama Orang-Orang yang Beriman

Allah menceritakan pertolongannya kepada orang-orang yang beriman pada saat perang badar di dalam firmanya:

LAFAZ

"Ingatlah ketika kalian meminta pertolongan kepada rob kalian maka Allah mengabulkan doa kalian sesungguhnya aku mengirimkan kepada kalian 1000 malaikat yang datang berturut-turut" (Q.S. Al Anfal : 9)

Rosulullah salallahu álaihi wasalam sendiri melihat Jibril saat itu dan bersabda

"Ini adalah Jibril memegang kepala kudanya memakai alat-alat perang" (H.R. Bukhori)

Itulah sebagian amalan malaikat yang bisa kita sebutkan, kewajibak kita adalah beriman dengan apa yang datang dari Allah dan rosulnya. Dengan demikain kita sudah menyelesaikan 4 poin cara beriman dengan malaikat yang kita sebutkan di halaqah yang pertama

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Abdullah Roy
di kota Al Madinah

📘 Silsilah Ilmiyyah 6 Beriman Kepada Malaikat
🔊  Halaqah 23 ~ Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian 12
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

No comments:

Post a Comment