Thursday, April 11, 2019

Halaqah 14 ~ Kitab Injil Bagian 03

KITAB INJIL BAGIAN 03
klik link audio

Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah waála alihi washohbihi ajmain

Halaqoh yang ke-14 dari silsilah ilmiah beriman dengan kitab-kitab Allah adalah tentang Kitab Injil Bagian 03

Diantara kesalahan yang ada di dalam Injil yang tersebar sekarang adalah penyebutan nasab nabi Isa alaihi salam kepada laki-laki. Sebagaimana di dalam Injil Matius Pasal 1 ayat 1-17 dan di dalam Injil Lukas pasal 3 ayat 23-38. Padahal Allah telah mengabarkan di dalam Al-Quran bahwa nabi Isa alaihi salam lahir dari seorang wanita tanpa disentuh laki-laki, seorang wanita yang solehah bukan wanita pejina dan bukan wanita yang bersuami sebagai tanda kekuasaan Allah subhanahu wataála. Allah subhanahu wataála berfirman:

قَالَتْ أَنَّىٰ يَكُونُ لِي غُلَامٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا
قَالَ كَذَٰلِكِ قَالَ رَبُّكِ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ ۖ وَلِنَجْعَلَهُ آيَةً لِلنَّاسِ وَرَحْمَةً مِنَّا ۚ وَكَانَ أَمْرًا مَقْضِيًّا

"Maryam berkata : bagaimana aku memiliki anak laki-laki padahal tidak ada laki-laki yang menyentuhku dan aku bukan wanita pejina, Jibril berkata : demikianlah dikatakan oleh Robmu, Dia berkata : yang demikian mudah bagiku dan supaya kami jadikan ia yaitu Isa sebagai tanda kekuasaan kami bagi manusia dan sebagai rahmat dari kami dan itu adalah perkara yang sudah diputuskan" (Q.S. Maryam : 20-21)


Oleh karena itu Allah menyebutkan di dalam Al-Quran, Isa bin Maryam sebagaimana dalam surat Al-Baqoroh 87 dan juga yang lain atau Allah juga menyebutkan Al-Masih bin Maryam sebagaimana dalam surat Al-Maidah 17 dan juga yang lain atau Allah juga menyebutkan Al-Masih Isa bin Maryam sebagaimana dalam Surat Ali Imron 45 dan juga yang lain.

Apa yang tertulis di dalam Injil yang sekarang justru membenarkan aqidah orang yahudi yang mengatakan bahwa nabi Isa adalah anak Jina. Dan disana ada perbedaan antara nasab Isa di dalam Injil Matius dan Injil Lukas. Di dalam Injil Matius disebutkan bahwa nabi Isa dalah anak Yusuf bin Yakub bin Matan bin Iliajar dan seterusnya, dan beliau termasuk keturunan nabi Sulaiman bin Dawud alaihimasalam. Adapun di dalam Injil Lukas disebutkan bahwa beliau adalah anak Yusuf bin Eli bin Matat bin Lewi dan seterusnya, dan termasuk keturunan Natan bin Dawud alaihisalam.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Abdullah Roy di kota Madinah
========================================
📘 Silsilah Ilmiyyah 07 Beriman Kepada Kitab-Kitab Allāh
🔊  Halaqah 14 ~ Kitab Injil Bagian 03
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

وَآتَيْنَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنَاتِ وَأَيَّدْنَاهُ بِرُوحِ الْقُدُسِ

"dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mukjizat) kepada Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul Qudus" (Q.S. Al Baqoroh : 87)

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam" (Q.S. Al maidah : 17)

إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

"(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)," (Q.S. Ali Imron 45)

No comments:

Post a Comment