Monday, January 20, 2020

Halaqah 11 ~ Beriman Dengan Takdir Dan Mengambil Sebab Bagian 03 Dari 03

📘 Silsilah Ilmiyyah Si.9 Beriman Kepada Takdir Allāh
🔊  Halaqah 11 ~ Beriman Dengan Takdir Dan Mengambil Sebab Bagian 03 Dari 03
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah wa ála alihi wasohbihi ajmaín

Halaqah yang ke-11 dari silsilah ílmiah beriman dengan takdir Allah adalah tentang Beriman Dengan Takdir Dan Mengambil Sebab Bagian 03 Dari 03

Telah berlalu bahwa kebahagiaan dan kesengsaraan telah ditakdirkan, tempat seseorang di surga atau di neraka telah ditakdirkan dan seorang yang beriman sebagaimana dia diperintahkan mengambil sebab dalam perkara-perkara dunia maka dia juga diperintahkan mengambil sebab di dalam perkara-perkara akherat.

Seorang yang beriman diperintahkan mengambil sebab mendapatkan kebahagiaan di akherat dan mengambil sebab keselamatan dari adzab. Dan sebab mendapatkan kebahagiaan di akherat dan keselamatan dari adzab di akherat adalah beriman dengan syareat Allah dengan cara menjalankan perintah, menjauhi larangan, membenarkan kabar-kabar Allah azawazal, mengimani janji-janji pahala dan juga mengimani ancaman-ancaman terhadap dosa.

Allah subhanahu wataála berfirman

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Dan orang-orang yang beriman dan beramal sholeh merekalah penduduk surga mereka kekal di dalamnya"(Q.S. Al-Baqoroh : 82)

Dan Allah subhanahu wataála berfirman

تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُهِينٌ

"Itulah batasan-batasan Allah dan barang siapa yang mentaati Allah dan rosulnya, Allah akan memasukan dia ke dalam sorga yang mengalir di bawahnya sunga-sungai mereka kekal di dalamnya dan yang demikian adalah keberuntungan yang sangat besar, dan barang siaap yang bermaksiat kepada Allah dan rosulnya dan melanggar batasan-batasan Allah maka Allah memasukan dia ke dalam neraka kekal di dalamnya dan dia akan mendapatkan adzab yang menghinakan" (Q.S. An Nisa :13 - 14)

Para sahabat nabi salallahu álaihi wasalam ketika dikabarkan oleh nabi salallahu álaihi wasalam bahwa tidak ada sebuah jiwa kecuali telah diketahui tempatnya di dalam surga dan neraka mereka bertanya:

"wahai rosulullah untuk apa kita beramal mengapa kita tidak pasrah saja"

beliau salallahu álaihi wasalam menjawab dengan jawaban yang ringkas

"Tidak demikian akan tetapi beramalah kalian kerena masing-masing akan dimudahkan melakukan apa yang dia diciptakan untuknya" (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Beliau salallahu álaihi wasalam juga bersabda

"Hendaklan engkau semangat melakukan apa yang bermanfaat untukmu dan memohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan engkau merasa lemah" (H.R. Muslim)

Dari dalil-dalil di atas ita mengetahui bahwa seorang yang beriman diperintahkan untuk beriman dengan takdir Allah dan diperintahkan untuk beriman dengan syareat Allah

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wasslamau álaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment