Monday, January 27, 2020

Halaqah 16 ~ Aliran Yang Menyimpang Di Dalam Masalah Irādah Syar'iyyah Dan Irādah Kauniyyah

📘 Silsilah Ilmiyyah Si.9 Beriman Kepada Takdir Allāh
🔊  Halaqah 16 ~ Aliran Yang Menyimpang Di Dalam Masalah Irādah Syar'iyyah Dan Irādah Kauniyyah
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah wa ála alihi wasohbihi ajmaín

Halaqah yang ke-16 dari silsilah ílmiah beriman dengan takdir Allah adalah tentang Aliran Yang Menyimpang Di Dalam Masalah Irādah Syar'iyyah Dan Irādah Kauniyyah

Aliran yang menyimpang di dalam masalah irodah syariyyah dan dan irodah kauniyyah adalah Al-Qodariyyah dan Al-Jabriyyah. Mereka tidak membedakan antara irodah syariyyah dan irodah kauniyyah. Mereka menganggap bahwa semua yang terjadi adalah dicintai oleh Allah.

Adapun Al-Qodariyyah maka mereka mengatakan bahwa setiap yang diinginkan oleh Allah pasti dicintai oleh Allah dan yang tidak Allah cintai dan ridhoi berarti terjadi tidak dengan keinginan Allah dan tidak diciptakan oleh Allah. Dan diantara yang tidak dicintai oleh Allah adalah kekafiran dan kemaksiatan. Dengan demikian kekafiran dan kemaksiatan tidak diciptakan oleh Allah karena Allah tidak mencintainya. Kemudian akhirnya mereka menyimpulkan bahwa seluruh amalan makhluq semuanya bukan dengan irodah dan penciptaan Allah tetapi dengan irodah makhluq tersebut tanpa campur tangan irodah Allah dan penciptaan Allah.

Adapun Al-Jabriyah maka mereka mengatakan bahwa semua yang terjadi adalah dengan irodah dan penciptaan Allah dan setiap yang diinginkan oleh Allah dan diciptakan pasti dicintai oleh Allah. Dan kekufuran dan kemaksiatan diciptakan oleh Allah berarti kekufuran dan kemaksiatan dicintai oleh Allah ajawajal.

Dengan demikian kita mengetahui bahwa orang-orang Al-Qodariyyah tersesat karena meyakini terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan oleh Allah di dalam kerajaan Allah dan mereka benar ketika mengatakan bahwa Allah tidak mencintai kekafiran dan kemaksiatan. Dan kita mengatahui bahwa orang-orang Al-Jabriyah tersesat karena meyakini bahwa kekufuran dan kemaksiatan dincintai oleh Allah dan mereka benar ketika meyakini bahwa Allah yang mentakdirkan itu semua.

Adapun Ahlusunnah maka Allah memberikan petunjuk kepada mereka, mereka meyakini bahwa Allah mentakdirkan segala sesuatu termasuk kekafiran dan kemaksiatan dan Allah tidak mencintai kekafiran dan kemaksiatan.

Dari keterangan di atas diketahui bahwa subhat Al-Qodariyah dan Al-Jabriyah

1. Mereka tidak membedakan antara dua irodah Allah dan meyakini bahwa setiap yang diciptakan oleh Allah berarti dicintai oleh Allah  padahal tidak semua yang diciptakan Allah dicintai oleh Allah ajawajal.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wasslamau álaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment