Thursday, June 18, 2020

Halaqah 04 ~ Keadaan Kota Mekah Sebelum Nabi shallallāhu ’alayhi wa sallam Diutus Bagian 03 Dari 04

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 04 ~ Keadaan Kota Mekah Sebelum Nabi shallallāhu ’alayhi wa sallam Diutus Bagian 03 Dari 04
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 04 ~ Keadaan Kota Mekah Sebelum Nabi shallallāhu ’alayhi wa sallam Diutus Bagian 03 Dari 04

Orang-orang jahiliyah tidak menghargai wanita, menikahi wanita dengan jumlah tanpa batas, menikahi dua saudari sekaligus, menikah dengan istri bapaknya apabila dicerai oleh sang bapak atau ditinggal mati, itu semua biasa di zaman jahiliyah. Ada diantara mereka yang mengubur hidup-hidup anak wanita yang tidak berdosa hanya karena takut dipermalukan dengan sebab wanita tersebut.

Allah subhanahu wata'ala berfirman:
....

"Dan apabila anak wanita yang dikubur ditanya dengan sebab dosa apa dia dibunuh" (Q.S. At-Takwir : 8-9)

Wanita menjadi harta warisan sebagaimana barang yang diwariskan, tersebar perjinahan dan pelacuran pada seluruh tingkatan masyarakat, tersebar minuman keras dan perjudian, ada diantara mereka yang membunuh anak karena takut menjadi miskin atau karena kemiskinan yang sudah menimpa dia, mereka panatik terhadap kabilahnya dan membela orang yang berasal dari satu kabilah baik dia salah atau benar.

Orang-orang jahiliyah sangat taklid kepada nenek moyangnya di dalam usuran agam, memandang bahwa adat istiadat nenek moyang itulah yang paling baik.

Allah subhanahu wata'ala berfirman:
....

"Dan apabila dikatakan kepada mereka kesinilah kalian kepada apa yang diturunkan oleh Allah dan kepada rosul mereka mengatakan cukuplah bagi kami apa yang kami dapatkan di atasnya bapak-bapak kami meskipun bapak-bapak mereka tidak mengetahui sesuatu dan tidak mendapatkan petunjuk" (Q.S. Al-Maidah : 104)

Mereka senang berperang dengan kabilah lain dan mudah sekali menumpahkan darah, berperang karena sebab yang sepele kemudian berperang selama puluhan tahun dan terbunuh ribuan manusia.

No comments:

Post a Comment