Friday, June 26, 2020

Halaqah 10 ~ Muhammad Di Bawah Tanggungan Abu Thalib

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 10 ~ Muhammad Di Bawah Tanggungan Abu Thalib
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 10 ~ Muhammad Di Bawah Tanggungan Abu Thalib

Setelah meninggal Abdul Mutholib, Abu Tholib sebagai paman berusaha menunaikan hak keponakannya dengan sebaik-baiknya bahkan mendahulukan Muhammad diantara sekian banyak putranya. Selama lebih dari 40 tahun disampingnya, melindunginya, dan membela dengan ucapan dan juga fisiknya.

Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam tumbuh sebagai seorang pemuda yang dijaga oleh Allah terjauh dari kotoran-kotoran jahiliyah dan kebiasaan mereka. Paling menjaga kehormatan, paling baik akhlaqnya, sangat pemalu, paling jujur ucapannya, sangat menjaga amanah, jauh dari perilaku jorok dan kasar, sehingga dikenal diantara masyarakat jahiliyah sebagai seorang Al-Amin yang dapat dipercaya. Beliau dikenal banyak silaturahim, menghormati tamu, membantu yang lain di dalam kebaikan memakan dari usaha sendiri dan qonaah merasa cukup dengan apa yang Allah berikan.

Ketika beliau berumur 14 atau 15 tahun, terjadilah perang Al Fujar antara Quraisy dan Kinanah melawan Qois dan Ainan. Namun tidak ada riwayat yang shohih yang menyebutkan bahwa Muhammad salallahu 'alaihi wasalam saat itu ikut berperang.

Kemudian beliau salallahu 'alaihi wasalam sempat menghadiri sebuah kesepakatan antara bani Hasyim, bani Umayah, bain Zahroh, dan juga bani Makzum yang isi kesepakatan tersebut adalah untuk saling menolong dan saling membantu orang yang didholimi serta mengembalikan kebaikan kepada yang memiliki.

No comments:

Post a Comment