Wednesday, June 24, 2020

Halaqah 08 ~ Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam Disusui

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 08 ~ Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam Disusui
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 08 ~ Muhammad shallallāhu ’alayhi wa sallam Disusui

Setelah melahirkan, Aminah mengabarkan kepada Abdul Mutholib tentang kelahiran cucunya maka datanglah Abdul Mutholib dalam keadaan sangat berbahagia kemudian memandang dan membawa masuk Muhammad ke dalam Ka'bah dan memberi nama beliau dengan Muhammad sebuah nama yang asing diantara orang-orang arab.

Abdul Mutholib kemudian mencari wanita arab baduy yang bisa menyusui Muhammad salallahu 'alaihi wasalam, sebagaimana ini adalah kebiasaan orang-orang arab kota. Yang demikian adalah untuk menjauhkan beliau dari berbagai penyakit kota dan supaya kuat badannya dan menguasai bahasa arab yang fashih. Namun saat itu banyak wanita-wanita arab baduy yang tidak mau menyusui beliau karena beliau adalah sorang anak yatim tidak memiliki ayah yang bisa membayar upah bagi mereka. Akhirnya Halimah bintu Abu Duaib As-Sa'diyah seorang wanita arab baduy dari bani Sa'ad yang sedang mencari anak-anak yang bisa disusui beliaulah yang bersedia menyusui Muhammad salallahu 'alaihi wasalam setelah awalnya tidak mau menyusui namun karena beliau merasa iba dan kasihan dan tidak ingin pulang ke bani Sa'ad dalam keadaan tidak membawa seorang bayipun maka Halimah bersedia menyusui Muhammad dan membawanya ke bani Sa'ad.

Dibawalah Muhammad ke lingkungan barunya dan Halimah merasakan berkah yang luar biasa setelah menyusui Muhammad salallahu 'alaihi wasalam, berkah dan kebaikan dalam berbagai urusannya. Setelah 2 tahun tinggal di bani Sa'ad, Muhammad salallahu 'alaihi wasalam dibawa oleh halimah kepada Ibunya untuk dikembalikan dan saat itulah Halimah meminta dan merayu Aminah untuk memberinya kesempatan lagi mengauh Muhammad karena melihat banyaknya kebaikan yang dia dapatkan dengan mengasuhnya dan supaya beliau tidak terkena wabah penyakit yang ada di Mekah. Akhirnya Aminah menyetujui permintaan tersebut.

No comments:

Post a Comment