Monday, June 29, 2020

Halaqah 11 ~ Pernikahan Muhammad Dengan Kadijah radhiyallāhu ’anhā

📘 Silsilah Ilmiyyah 10.1 Sirah Nabawiyyah
🔊  Halaqah 11 ~ Pernikahan Muhammad Dengan Kadijah radhiyallāhu ’anhā
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi ajmain

Halaqah 11 ~ Pernikahan Muhammad Dengan Kadijah radhiyallāhu ’anhā

Pada saat berumur 25 Tahun, Muhammad salallahu 'alaihi wasalam menikah dengan Khodijah seorang wanita quraisy yang memiliki kedudukan yang tinggi dan harta yang melimpah. Ada yang mengatakan bahwa umur khodijah saat itu 28 tahun dan ada yang mengatakan 40 tahun. Kahodijah, beliau adalah Khodijah bintu Khuwailid bin Asad bin bndul Uzza bin Kusoy bin Kilab bin Murroh bin Ka'ab bin Luay Al-Qurosyiah.

Beliau adalah termasuk wanita quriasy yang baik nasabnya, harta dan akalnya, dan beliau lah wanita yang pertama kali dinikahi oleh Muhammad salallahu 'alaihi wasalam dan beliau tidak menikah dengan seorang wanitapun setelah Khodijah sampai Khodijah meninggal.

Setelah menikah dengan Khodijah telah lahir dari beliau 6 orang anak : Al-Qosim, Abdullah, Zaenab, Ruqoyah, Ummul Qulsum, dan Fatimah. Al-Qosim dan Abdullah meninggal ketika masih kecil sedangkan yang wanita semuanya menemui kenabian Muhammad salallahu 'alaihi wasalam dan masuk Islam tetapi semuanya meninggal dunia sebelum Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam, kecuali Fatimah maka beliau meninggal 6 bulan setelah kematian Rosulullah salallahu 'alaihi wasalam.

Adapun riwayat-riwayat perincian tentang bagaimana pernikahan beliau salallahu 'alaihi wasalam seperti cerita bahwa beliau berdagang ke Syam dengan membawa harta Khodijah bintu Khuwailid dan bahwasannya Khodijah mengutus Maisyaroh seorang budak milik beliau untuk menemani Muhammad di dalam perdagangan ini kemudian ketika pulang Khodijah melihat keamanahan Muhammad dan Maisyaroh juga menceritakan kemulian akhlaq pikiran yang jernih dan kejujuran Muhammad salallahu 'alaihi wasalam dan kisah bahwa Khodijah mengutus utusan kepada Muhammad salallahu 'alaihi wasalam menawarkan kepada beliau untuk menikah kemudian Muhammad setuju dan berbicara kepada para pamannya kemudian setelah itu mereka pergi ke paman Khadijah dan meminangnya setelah itu dilangsungkan pernikahan maka riwayat-riwayat tersebut adalah lemah.

No comments:

Post a Comment