Friday, November 15, 2019

Halaqah 15 ~ Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 13 Dari 22

📘 Silsilah Ilmiyyah Si.8 Beriman Kepada Para Rasul Allāh
🔊  Halaqah 15 ~ Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 13 Dari 22
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.


Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah waála alihi washohbihi ajmain

Halaqoh yang ke-15 dari silsilah ilmiah beriman kepada para rosul Allah, Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 13 Dari 22

Ayat-ayat yang Allah berikan kepada nabi Muhammad salallahu álaihi wasalam sangat banyak, hal ini menunjukkan keutamaan beliau di sisi Allah dan menunjukkan betapa pentingnya risalah yang beliau bawa karena risalah beliau adalah risalah yang terakhir dan tidak ada lagi risalah setelah risalah beliau salallahu álaihi wasalam.

Dan diantara ayat-ayat atau mu'jijah-mu'jijah tersebut

1. Al-Isra dan Al-Mi'raj

Al-Isro adalah dijalankannya nabi Muhammad salallahu álaihi wasalam di waktu malam dari Al-Masjidil Haram yang ada di Mekah ke Al-Masjidil Aqso yang ada di Palestina. Allah subhanahu wataála berfirman:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Maha suci Dzat yang telah menjalankan hambanya di malam hari dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqso yang kemi berkahi sekitarnya untuk kami tunjukkan kepadanya sebagian dari ayat-ayat kami, sesungguhnya dia maha mendengar lagi maha melihat" (Q.S. Al-Isra : 1)

Al-Mi'raj adalah diangkatnya nabi Muhammad salallahu álaihi wasalam ke langit kemudian ke sidrotul muntaha. Nabi salallahu álaihi wasalam bersabda:

"Maka Allah mengangkatku ke langit dunia" (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Dua perjalanan yang jauh yang dilakukan dalam waktu yang sangat singkat menunjukkan kekuasaan Allah dan bahwasannya Muhammad salallahu álaihi wasalam adalah nabi utusan Allah.

2. Terbelahnya bulan

Allah subhanahu wataála berfirman:

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ
وَإِنْ يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُسْتَمِرٌّ

"Telah dekat kiamat dan bulan telah terbelah dan apabila mereka melihat satu ayat mereka berpaling dan mengatakan ini adalah sihir yang terus menerus" (Q.S. Al-Qomar ; 1 - 2)

Berkata Anas bin Malik rodiallahu anhu

"Sesungguhnya penduduk Mekah telah meminta rosulullah salallahu álaihi wasalam untuk menunjukkan satu tanda kekuasaan maka beliau salallahu álaihi wasalam memperlihatkan kepada mereka terbelahnya bulan" (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Batu yang mengucapkan salam kepada baliau

Rosulullah salallahu álaihi wasalam bersabda:

"Sungguh aku mengetahui sebuah batu di Mekah dahulu mengucapkan salam kepadaku sebelum aku diutus menjadi nabi, sungguh aku mengetahuinya sekarang" (H.R. Muslim)

4. Kabar beliau tentang mati syahidnya Umar Ibnu Khatab dan Ustman Ibnu Affan semoga Allah meridoi keduanya

Berkata Anas bin Malik roduallahu anhu:

"Nabi salallahu álaihi wasalam naik ke atas gunung uhud dan bersama beliau Abu Bakar, Umar, dan Ustman, maka bergetarlah gunung uhud nabi salllahu álaihi wasalam kemudian menendang gunung uhud dengan kaki beliau seraya berkata tenanglah wahai uhud tidak ada di atasmu kecuali seorang nabi, seorang sidik, dan dua orang syahid" (H.R. Al-Bukhari)

Benarlah apa yang dikatakan rosulullah salallahu álaihi wasalam karena Umar dan Ustman dibunuh dan meninggal dalam keadaan syahid

5. Menangisnya batang pohon kurma 

Berkata Jabir Ibnu Abdillah semoga Allah meridoi keduanya

"Dahulu Masjid Nabawi beritangkan batang pohon kurma maka dahulu nabi salallahu álaihi wasalam apabila khutbah beliau berdiri di dekat salah satu batang tersebut, ketika dibuatkan mimbar kemudian beliau berkhutbah di atasnya maka kami mendengar suara batang kurma tersebut seperti suara unta yang sedang hamil 10 bulan, sampai datang nabi salallahu álaihi wasalam kemudian beliau meletekan tangannya pada batang tersebut maka diamlah batang tersebut" (H.R. AL-Bukhari)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment