Wednesday, November 27, 2019

Halaqah 23 ~ Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 21 Dari 22

📘 Silsilah Ilmiyyah Si.8 Beriman Kepada Para Rasul Allāh
🔊  Halaqah 23 ~ Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 21 Dari 22
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Assalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah washolatu wasalamu ála rosulillah waála alihi washohbihi ajmain

Halaqoh yang ke-23 dari silsilah ilmiah beriman kepada para rosul Allah, Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 21 Dari 22

Setelah kita memahami tentang mu'jijat, al-karomah, dan al-ahwal asyaitoniyah dan hal-hal yang berikaitan dengannya maka kita lanjutkan poin-poin tentang tata cara beriman dengan para rosul.

Diantara beriman dengan para rosul diantaranya adalah:

13. Beriman dengan nama-nama para nabi dan rosul yang telah Allah sebutkan namanya di dalam Al-Quran,

Mereka berjumlah 25 orang, 18 orang diantaranya disebutkan dalam beberapa ayat yang berturut-turut di dalam surat al-anám dan 7 orang yang lain terpisah-pisah di dalam surat-surat yang lain. 18 nama yang ada dalam surat al-anám adalah Ibrohim, Ishaq, Ya'qub, Nuh, Dawud, Sulaiman, Ayub, Yusuf, Musa, Harun, Zakaria, Yahya, Isa, Ilyas, Ismail, Alyasa, Yunus, Luth álaihimussalam. Lihat surat al-anám ayat 83 sampai 86.

Adapun 7 orang yang lain mereka adalah nabi Adam 24 kali disebutkan nama nabi Adam di dalam Al-Quran, yang pertama ada di dalam surat Al-Baqoroh ayat 31. Kemudian nabi Idris disebutkan 2 kali oleh Allah di dalam Al-Quran di dalam surat Maryam ayat yang ke 56 dan al-anbiya ayat 85. Nabi Zulkifli dua kali disebutkan di dalam surat al-anbiya :85 dan suart shod : 48. Nabi Hud sepuluh kali disebutkan yang pertama dalam surat al-baqoroh ayat 111. Nabi Sholeh tujuh kali disebutkan yang pertama dalam surat al-a'raf ayat yang ke 77. Nabi Syuáib sepuluh kali disebutkan yang pertama di dalam surat al-a'raf ayat 85. Nabi Muhammad salallahu álaihi wasalam empat kali disebutkan yang pertama di dalam surat ali imron ayat 144.

Diantara beriman dengan para rosul adalah meyakini adanya kekhususan-kekhususan bagi nabi Muhammad salallahu álaihiwasalam dibandingkan dengan nabi-nabi yang lain diantaraya:

1. Beliau diutus untuk segenap manusia dan jin, 

Allah subhanahu wataála berfirman:

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا

"Katakanlah wahai Muhammad wahai manusia sesungguhnya aku adalah rosulullah untuk kalian semuanya" (Q.S. Al A'raf : 158)

dan Nabi salallahu álaihi wasalam bersabda

"Dahulu para nabi diutus kepada kaumnya secara khusus dan diutus aku untuk manusia semuanya" (H.R. Al-Bukhari)

Beliau salallahu álaihiwasalam juga diutus kepada jin sebagaimana dalam kisah yang Allah subhanahu wataála sebutkan di dalam surat Al-Jin.

2. Allah telah menjadikan beliau sebagai nabi yang terakhir,

Allah subhanahu wataála berfirman

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ

"Bukanlah Muhammad bapak salah seorang diantara laki-laki kalian akan tetapi dia adalah rosulullah dan penutup para nabi" (Q.S. Al-Ahzab : 40)

Rosulullah salallahu álaihi wasalam bersabda

"Dahulu banu Isroil dipimpin oleh para nabi setiap kali meninggal seorang nabi digantikan nabi yang lain dan sesungguhnya tidak ada nabi setelahku" (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

Wassalamu álaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment